ilustrasi kolang-kaling.
ilustrasi kolang-kaling. ( SHUTTERSTOCK/Herman Suparman)

Simak Sebelum Masak, Berikut 2 Penyebab Kolang Kaling Keras

27 Maret 2023 21:19 WIB

SonoraBangka.id - Meski belum dimasak, tekstur kolang-kaling bisa berubah menjadi keras karena penyimpanan yang salah. Menurut penjual kolang kaling, tekstur kolang-kaling seharusnya empuk dan licin saat masih mentah. Ada dua penyebab kolang-kaling mengeras sebelum dimasak yang dijelaskan oleh penjual, seperti berikut ini.

1. Airnya terlalu sering diganti

Kolang-kaling harus direndam air selama masih mentah. Bisa berupa air asli dari buahnya atau air bersih sebagai penggantinya. Namun, air rendaman kolang-kaling tidak boleh terlalu sering diganti. Meski ingin menghindari warna keruh, sering mengganti air rendaman kolang-kaling menyebabkan tekstur buah aren ini mengeras. "Cukup dua kalu saja. Pertama pakai air aslinya, terus diganti dengan air biasa. Kalau direndam ganti air terus, nanti keras dan bagian tengahnya jadi muncul biji kecil," kata Aisyah, penjual kolang-kaling di Pasar Serpong, Tangerang Selatan, saat ditemui Kompas.com, Kamis (24/3/2023).

2. Dibiarkan kering 

Kolang-kaling tidak bisa disimpan begitu saja tanpa tambahan air. Kamu harus memastikan bahan ini terendam bila belum ingin memasaknya. Menurut Isa, penjual kolang-kaling lainnya di Pasar Serpong, kolang-kaling akan mengempis, mengering, dan mengeras bila tidak direndam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Penyebab Kolang-kaling Keras, Simak Sebelum Masak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/27/113100375/2-penyebab-kolang-kaling-keras-simak-sebelum-masak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm