Phising adalah kejahatan digital yang menargetkan informasi atau data sensitif korban melalui email, unggahan media sosial, atau pesan teks
Phising adalah kejahatan digital yang menargetkan informasi atau data sensitif korban melalui email, unggahan media sosial, atau pesan teks ( Kompas.com)

Apa Itu Phishing, Penipuan yang Bisa Menguras Data dan Uang Kita?

28 Maret 2023 09:03 WIB

SonoraBangka.id - Apakah kamu pernah mendapatkan email berisi link penawaran pinjaman online atau pun promo bank?

Nah, kita perlu lebih berhati-hati bila menerima link sms berisikan penawaran pinjaman.

Melansir Cerdasbelanja.id, link sms berisikan penawaran pinjaman atau promo ini merupakan jenis penipuan online yang disebut phising.

Phishing adalah penipuan online untuk mendapatkan data pribadi korban.

Ada banyak data pribadi yang diambil oleh link ini seperti informasi login, kartu kredit, password akun bank, bahkan kontak telepon kamu.

Pelaku phishing ini biasanya akan menyamar menjadi pihak dari bank, pinjaman online, dengan mengirimkan SMS, email, atau pun pesan dalam media elektronik.

Nah, agar korban percaya, biasanya mereka akan mendesak atau merayu korban untuk menekan link yang dikirim.

Kalimat desakan atau rayuan ini bisa berupa seperti pengumuman hadiah uang, keamanan terancam, akun terblokir, dan lain sebagainya.

Sudah pasti ini akan membuat korban pun jadi mudah panik sehingga langsung menekan link yang dikirim. 

Nah, bila Kawan Puan sudah klik link, nantinya kamu akan diminta mengisi formulir dengan lengkap.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm