lustrasi santan kelapa.
lustrasi santan kelapa. ( Dok. Shutterstock/Maharani afifah)

Agar Tidak Pecah, Berikut 3 Tips Rebus Santan Untuk Membuat Kolak

30 Maret 2023 07:08 WIB

SonoraBangka.id -  Santan adalah satu bahan penting dalam pembuatan kolak, masakan seperti lodeh maupun kue-kue tradisional. Santan cukup mudah basi jika dibiarkan terlalu lama dalam suhu ruang, untuk itu perlu dimasak terlebih dahulu. Terdapat cara memasak santan agar tidak memisah antara yang kental dengan cairannya, pastikan selalu mengaduk sampai mendidih. Simak tips rebus santan agar tidak pecah untuk membuat kolak, dikutip dari majalah "SajianKu VOL 15/I/2014: Serba-Serbi Menyiapkan Sajian Untuk Keluarga, Tips Menyajikan Sarapan Pagi" (2014) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada. 

1. Rebus santan dengan api kecil

Mencegah santan pecah, pertama rebus santan dengan api kecil sambil terus diaduk pelan-pelan.

2. Matikan api segera

Jangan sampai santan naik dan matikan api segera jika santan mulai mendidih. Santan pecah adalah santan yang memisah antara lapisan kental berminyak dengan bagian cair. Hal ini terjadi jika santan dipanaskan pada suhu tinggi dan tidak diaduk-aduk sehingga terjadi pemisahan dengan bagian yang berair.

3. Masak santan encer terlebih dahulu

Jika kamu membutuhkan santan encer dan kental, lebih baik masak santan encer terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah itu baru masukkan santan kental, aduk-aduk dan panaskan kembali dengan api kecil hingga semakin kental.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Rebus Santan agar Tidak Pecah untuk Membuat Kolak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/29/070400375/3-tips-rebus-santan-agar-tidak-pecah-untuk-membuat-kolak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm