Ada berbagai cara mengolah dan mengonsumsi jagung, termasuk jika ingin mendapatkan manfaat jagung secara maksimal.(PIXABAY/KAROLINA
Ada berbagai cara mengolah dan mengonsumsi jagung, termasuk jika ingin mendapatkan manfaat jagung secara maksimal.(PIXABAY/KAROLINA ( GRABOWSKA)

Tanpa Buih, Berikut Ini 5 Cara Merebus Makanan Yang Aman

30 Maret 2023 07:12 WIB

SonoraBangka.id - Merebus makanan seperti daging sapi, ayam, telur, dan sayuran sering kita lakukan. Kendala dalam merebus biasanya muncul buih di permukaan, apalagi saat merebus daging. Buih dalam air rebusan daging biasanya muncul dari protein yang dikeluarkan, terkadang bercampur dengan kotoran untuk itu harus dibuang. Salah satu cara agar rebusan tidak berbuih adalah mencuci bersih bahan makanan, beri garam dan gula pasir, serta pastikan air benar-benar mendidih.  Simak tips merebus makanan yang aman tanpa buih, dikutip dari buku "Memasak Itu Ibadah: 40 Resep Kreatif & Lezat + 20 Tips Memasak Praktis" (2017) karya Agus Sasirangan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Bersihkan dan potong bahan makanan

Bersihkan dan potong bahan makanan yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Didihkan air

Didihkan air hingga benar-benar mendidih.

3. Beri garam dalam rebusan

Masukkan garam dan sedikit gula pasir, aduk.

4. Masukkan bahan makanan

Masukkan semua bahan makanan yang akan dimasak.

5. Jangan tutup panci saat merebus

Sebaiknya pada saat merebus bahan-bahan makanan panci jangan ditutup, agar warna makanan tidak berubah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Rebus Makanan yang Aman Tanpa Buih", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/12/16/210400875/5-tips-rebus-makanan-yang-aman-tanpa-buih.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm