Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/3/2023).
Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/3/2023). ( KOMPAS.com)

BI: ASEAN Sepakat Perkuat Transaksi Mata Uang Lokal

1 April 2023 16:32 WIB

SonoraBangka.ID - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan negara-negara ASEAN sepakat memperkuat penggunaan mata uang lokal atau Local Currency Transaction (LCT) untuk perdagangan dan investasi.

Hal tersebut disampaikan Perry dalam konferensi pers hasil dari pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Sentral ASEAN (AFMGM) 2023 di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/3/2023).

"Dalam aspek ini ASEAN sepakat untuk menegaskan kembali ketahanan di antara lain dengan penggunaan mata uang lokal untuk mendukung perdagangan dan investasi lintas batas di kawasan ASEAN," kata Perry.

Perry juga mengatakan, pada November 2022, BI bersama empat bank sentral ASEAN yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina menandatangani kerja sama terkait sistem pembayaran lintas negara (cross border payment).

Kemudian, akan disusul oleh negara ASEAN lainnya yaitu Vietnam, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Laos. Langkah ini bertujuan untuk mendorong penggunaan mata uang lokal di kawasan ASEAN.

"ASEAN-5 akan meningkatkan upaya menghubungkan sistem pembayaran lintas batas, mereka gabung konektivitas ASEAN bukan hanya lima tetapi jadi 10 dan global," ujarnya.

Lebih lanjut, Perry menambahkan, pertemuan juga sepakat untuk memperkuat ketahanan eksternal dan mempromosikan ekspor dan impor serta investasi.

"Sehingga kita dapat memperkuat keseimbangan dan cadangan devisa bisa diperkuat," ucap dia.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BI: ASEAN Sepakat Perkuat Transaksi Mata Uang Lokal", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/04/01/120000726/bi--asean-sepakat-perkuat-transaksi-mata-uang-lokal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm