ilustrasi es sekoteng, minuman es untuk takjil.
ilustrasi es sekoteng, minuman es untuk takjil. ( SHUTTERSTOCK/Ketut Mahendri)

Takjil Manis Anti Enek, Berikut 3 Cara Bikin Es Segar Yang Praktis

2 April 2023 19:31 WIB

SonoraBangka.id - Minuman es untuk takjil biasanya memiliki rasa manis dan menyegarkan saat diminum. Takjil demikian memang cocok disantap tepat saat waktu berbuka puasa. Rasa haus yang ditahan selama berjam-jam pun perlahan menghilang. Namun, bila ingin menyajikan minuman es takjil manis, jangan asal mencampur bahan. Pengadukan semua bahan manis bisa jadi membuat minuman terasa enek. Kamu bisa mengikuti tiga cara membuat minuman es takjil yang manis dan menyegarkan ala Head Chef Lucy in The Sky SPARK Hendro Setio berikut ini.

1. Pilih bahan yang mudah dicari

Jangan terpaku pada bahan-bahan makanan maupun minuman yang sulit ditemukan. Kamu bisa menggantinya dengan bahan serupa dan lebih mudah ditemui di pasaran. "Ada timun suri, blewah, dan kelapa kalau di pasar. Bisa pakai bahan-bahan seperti ini saja," tutur Hendro saat ditemui Kompas.com di Lucy in The Sky SPARK, Rabu (29/3/2023).

2. Sesuaikan rasa manis

Tingkat manis setiap orang biasanya berbeda. Ada yang lebih suka manis normal hingga sangat manis saat menyantap takjil. Kamu bisa menggunakan bahan pemanis, seperti sirup dan kental manis, dengan takaran yang diinginkan. Namun, bila sudah menggunakan buah atau bahan bercita rasa manis lainnya, sebaiknya kurangi penggunaan kental manis atau sirup gula dalam takjil.

3. Tambahkan perasan lemon

Masih menyesuaikan preferensi masing-masing orang, Hendro menyarankan untuk menambahkan beberapa tetes perasan lemon ke dalam minuman es untuk takjil. "Harus diperhatikan juga, tidak asal mencampur bahan. Misalnya, susu ketemu lemon itu tidak akan match. Jadi, kalau mau pakai perasan lemon, atur pemanisnya dari sirup saja," kata Hendro. Tidak perlu banyak-banyak menambahkan perasan lemon ke dalam minuman. Cukup dua hingga tiga tetes dalam satu gelas untuk menyeimbangkan rasanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bikin Es Segar dan Praktis untuk Takjil Manis Antienek", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/02/070400175/3-cara-bikin-es-segar-dan-praktis-untuk-takjil-manis-antienek.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm