Ilustrasi cumi-cumi segar.
Ilustrasi cumi-cumi segar. ( FREEPIK/TOPNTP26)

Agar Hasilnya Empuk, Berikut 5 Cara Pilih Dan Masak Cumi Yang Segar

2 April 2023 19:49 WIB

SonoraBangka.id -  Cumi-cumi merupakan bahan seafood favorit untuk dimasak berbagai jenis makanan seperti cumi cabai hijau, calamari, dan asam manis. Cumi yang segar tentu akan nikmat jika diolah, bersihkan terlebih dahulu seperti mengambil bagian kepala dan tulang rawannya. Simak cara pilih dan masak cumi untuk hasil empuk dan tidak amis, dikutip dari majalah "SajianKu VOL. 3/I/2013 Serba-Serbi  Tepat memilih & menyimpan Sosis Rahasia membuat Kaldu" (2013) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada. 

1. Pilih cumi segar

Cumi-cumi yang masih segar biasanya berwarna putih agak keabu-abuan, badannya kenyal, mengkilap dan tampak segar.

2. Bersihkan cumi dari bagian keras

Tarik perlahan bagian kepala dan tulang rawan di bagian punggung sebelah dalam yang pipih bening berbentuk perisai.

3. Buang tinta

Buang kantung tinta atau bila suka kantung tinta bisa ikut dimasak karena rasanya yang gurih.

4. Tata cumi

Masukkan kembali kepala cumi ke dalam masing-masing badannya secara terbalik agar ketika diolah cumi tampak bulat dan tidak peot.

5. Memasak cumi

Masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan. Taburkan sedikit garam dan gula paisr, tutup wajan.  Masak dengan api kecil, cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya menyusut, tuangkan sedikit minyak goreng.  Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering. Cumi siap diola dengan segala macam bumbu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Pilih dan Masak Cumi Segar untuk Hasil Empuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/01/070400475/5-cara-pilih-dan-masak-cumi-segar-untuk-hasil-empuk.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm