Baris kedua Stargazer captain seat(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Baris kedua Stargazer captain seat(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Menghilangkan Bau Menyengat di Kabin Mobil

2 April 2023 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk Pengguna mobil terkadang lupa membersihkan mobil dan meninggalkan makanan di bagian dalam kabin. Akibatnya, makanan menjadi basi dan berbau.

Makanan yang basi membuat hawa mobil bau dan apak. Kalau sudah terlalu menyengat, menghilangkannya akan cukup sulit.

Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil menjelaskan, bau yang sudah terlanjur menempel di kabin mobil memang cukup sulit dihilangkan, baik itu bau wangi atau bau apak.

“Walaupun ada AC, mobil kan bisa dianggap ruang tertutup. Makanya bau-bau bisa menempel lama, bahkan bisa mingguan dan enggak hilang-hilang,” katanya Kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Bila mobil sudah terlanjur berbau, Zaki menyarankan pengguna untuk segera melakukan beberapa langkah perawatan, dimulai dari sektor AC.

“Coba bersihkan kondensor dan evaporator ac terlebih dahulu, kemudian cek bagian filter. Kalau memungkinkan, sebaiknya filter AC diganti baru saja. Ini bisa cukup mengurangi bau,” kata Zaki.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian seluruh bagian kabin mobil, khususnya jok. Menurut Zaki, bau menempel paling kuat pada bagian jok mobil.

“Yang penting dibersihkan dengan sabun, kita upayakan supaya baunya terangkat. Kalau dua langkah ini sudah dilakukan, harusnya bau bisa sangat berkurang,” katanya.

Bisa memakai kopi atau pewangi lainnya seperti pandan yang bersifat netral. Hindari menggunakan parfum wangi menyengat karena akan membuat wangi kabin makin aneh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Menghilangkan Bau Menyengat di Kabin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/02/140100115/cara-menghilangkan-bau-menyengat-di-kabin-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm