Travel tujuan antar kota (Dok. )
Travel tujuan antar kota (Dok. ) ( KOMPAS.COM)

Masyarakat Diimbau Jangan Mudik Pakai Travel Gelap

3 April 2023 15:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Ada Banyak cara dan pilihan transportasi untuk mudik ke kampung halaman. Masyarakat bisa memilih mau menggunakan mobil, bus, travel, kereta, pesawat dan sejenisnya.

Kalau memilih menggunakan travel, maka persiapan yang perlu dilakukan menjadi lebih sedikit karena cuma perlu mempersiapkan diri dan barang bawaan.

Berbeda dengan menggunakan mobil dengan dikemudikan sendiri, maka Anda juga wajib mempersiapkan mobil yang akan digunakan.

Hanya saja, untuk memilih travel yang akan digunakan, Anda perlu memperhatikan agen travel yang bersangkutan. Pastikan memiliki reputasi yang baik, dan yang paling penting jangan memilih travel gelap.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan sebelum mudik menggunakan travel, penting memastikan asal-usulnya, terdaftar atau tidak.

“Travel gelap itu ada dua tipe, travel yang tidak terdaftar secara resmi tapi kita kenal dengan orang penyedia travel tersebut, misal beberapa orang menyewa mobil untuk mudik ke kampung halaman, itu tidak masalah, ini termasuk aman,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (2/4/2023).

Dia mengatakan walau status travel tersebut tidak terdaftar, masih masuk kategori aman karena asal usulnya jelas.

“Dengan menyewa secara kolektif ini juga bisa mengurangi tindak kriminal di dalam travel, berbeda dengan travel gelap yang kita benar-benar tidak tahu asal-usulnya, misal dapat dari situs online atau entah siapa,” ucap Sony.

Travel gelap yang kedua ini, sebaiknya dihindari, karena menurut Sony sangat berisiko memasrahkan perjalanan mudik ke orang atau pihak asing yang tidak dikenali, dan tidak terdaftar secara resmi.

“Travel gelap yang satu ini akan sangat rawan terjadi penurunan penumpang di sembarang tempat, dan kejadian kriminal lainnya, apalagi penumpang dalam satu travel juga berasal dari banyak pihak, semua orang asing, jadi sebaiknya dihindari,” ucap Sony.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm