ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022(janlika putri)
ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022(janlika putri) ( KOMPAS.COM)

Apakah Ban Mobil yang Kedaluwarsa Masih Boleh Digunakan?

3 April 2023 15:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selayaknya komponen mobil lainnya, ban juga memilki batas masa pemakaian dan harus diganti secera berkala.

Untuk mengetahui kapan ban mobil harus diganti, digunakan patokan berupa Tread Wear Indicator (TWI) yang bisa menunjukkan ketebalan ban. Ban yang sudah mencapai batas TWI dianggap sudah botak dan harus segera diganti.

Selain TWI, ada anggapan lain yang mengatakan penggantian ban harus dilakukan apabila ban sudah kedaluwarsa alias habis masa pakainya, benarkah demikian?

Heri Purnomo, Kepala Pusat Staff Teknisi Nasmoco Group menjelaskan, kebanyakan pabrik memang merekomendasikan batas maksimal penggunaan ban adalah selama 5 tahun, namun hal ini dianggap tentatif.

“Sebenarnya tergantung penggunaan dan penyimpanan. Selama kualitas ban masih bagus dan tidak ditemukan adanya cacat seperti retak-retak di bagian sidewall, ban masih aman digunakan,” katanya kepada Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Pengguna bisa memastikan usia ban lewat 4 kode angka yang terletak di sidewall ban. Keempat angka tersebut adalah indikator minggu dan tahun pembuatan ban. Misalnya, kode 1220 berarti ban dibuat pada minggu ke-12 tahun 2020.

Menurut dia, ban yang tidak dirawat dengan baik waktu penggantiannya akan jauh lebih cepat. Sebaliknya, ban yang dirawat dengan baik dan penggunaannya tidak intens waktu penggantiannya bisa lebih lama.

“Misalnya pakai ban yang diproduksi tahun 2018, harusnya kan sudah memasuki tahun ke-5 pemakaian, tapi kalau kualitasnya masih bagus, belum kena TWI, dan tidak ada kerusakan, ban masih aman digunakan,” katanya.

Kalau konsumen hendak membeli ban baru yang usianya sudah 4 tahun sampai 5 tahun setelah diproduksi, bagian yang paling harus diperhatikan adalah sidewall ban. 

Andre Satrio, Manajer Motorsport Pirelli Indonesia menjelaskan, ban yang tidak disimpan dengan baik di suhu yang terkontrol akan cepat rusak. Kerusakan itu bisa nampak dari sidewall yang terasa getas dan ada retak halus.

"Walaupun disimpan lama, ban enggak akan rusak selama suhunya terkontrol di angka 25 derajat celcius sampai 35 derajat celcius. Kalau lebih dari itu, molekul karet ban bisa berubah dan ada potensi separasi antar lapisan ban," ujarnya.

Selama ban disimpan di ruangan dengan suhu terkontrol yang tidak lembab, umur ban akan panjang dan performanya tidak menurun, jadi ban akan tetap aman digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Ban Mobil yang Kedaluwarsa Masih Boleh Dipakai?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/03/151200415/apakah-ban-mobil-yang-kedaluwarsa-masih-boleh-dipakai-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm