Ilustrasi ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) bikinan OpenAI.
Ilustrasi ChatGPT, chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence) bikinan OpenAI. ( KOMPAS.com)

Italia Larang Penggunaan ChatGPT

3 April 2023 17:50 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah Italia mengumumkan pemblokiran sementara terhadap chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) besutan OpenAIChatGPT sejak Jumat (31/3/2023) minggu lalu.

Menurut Otoritas Perlindungan Data (Data Protection Authority/DPA) Italia, ada dua alasan utama mengapa ChatGPT dilarang di Negeri Pizza itu.

Pertama, OpenAI selaku pengembang ChatGPT disebut DPA telah mengumpulkan data pribadi dari pengguna secara tidak sah. Pihak OpenAI tidak transparan memberikan informasi ke pengguna bahwa data mereka diambil dan digunakan untuk melatih ChatGPT.

Selain itu, alasan kedua adalah ditemukannya kerentanan chatbot tersebut dalam menyebarkan misinformasi, dan tidak adanya verifikasi usia yang mencegah anak di bawah umur terpapar konten terlarang.

Regulator juga menyinggung insiden kebocoran data ChatGPT pada 20 Maret lalu yang mengungkap informasi sensitif pengguna, seperti histori percakapan, nama, alamat e-mail, dan 4 digit terakhir kartu kredit pengguna.

Menanggapi pemblokiran tersebut, OpenAI percaya bahwa mereka telah mematuhi undang-undang privasi di Eropa. Pihak tersebut memastikan akan bekerja sama dengan regulator privasi di Italia sehingga nantinya pelarangan ChatGPT dicabut.

"Kami secara aktif bekerja untuk mengurangi penggunaan data pribadi dalam melatih sistem kecerdasan buatan seperti ChatGPT karena kami ingin AI mempelajari dunia, bukan individu pribadi," kata OpenAI.

"Kami juga percaya bahwa regulasi AI (artificial intelligence) diperlukan," imbuhnya sebagaimana dikutip dari The Wall Street Journal, Senin (3/4/2023).

Regulator privasi memberi OpenAI waktu 20 hari untuk menunjukkan langkah apa yang diambil untuk mematuhi aturan privasi Uni Eropa.

Jika tidak, ChatGPT terancam menghadapi denda hingga empat persen dari pendapatan tahunannya di seluruh dunia, atau 20 juta Euro (sekitar Rp 325,4 miliar).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm