Ilustrasi kolak pisang dan kolang-kaling untuk takjil buka puasa.
Ilustrasi kolak pisang dan kolang-kaling untuk takjil buka puasa. ( SHUTTERSTOCK/ Siti Mutmainah)

Kreasi Takjil Buka Puasa, Berikut Ini Resep Kolak Ketan Pisang Durian

3 April 2023 20:12 WIB

SonoraBangka.id - Kolak merupakan salah satu takjil manis yang selalu ada saat bulan Ramadhan tiba. Aneka kolak yang biasanya dibuat atau dijajakan pedagang antara lain kolak pisang, kolak ubi, dan kolak biji salak. Selain tiga kolak di atas, masih banyak lagi kreasi kolak lainnya, salah satunya adalah kolak ketan pisang durian. Takjil buka puasa jadi terasa lebih premium dengan tambahan durian. 

Pada resep ini, bahan utama yang digunakan adalah pisang uli, durian, dan beras ketan. Ikuti resep dan cara membuat kolak ketan pisang durian berikut ini, mengutip buku “Resep Aneka Kolak Spesial” (2011) karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep kolak ketan pisang durian

Bahan

200 gram beras ketan

Setengah sdt butir kelapa parut

Setengah sdt garam

300 gram gula merah, sisir

500 ml air

3 lembar daun pandan, simpulkan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm