Saat mobil akan didiamkan untuk waktu lama, sebaiknya BBM diisi penuh(Pertamina )
Saat mobil akan didiamkan untuk waktu lama, sebaiknya BBM diisi penuh(Pertamina ) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Ban Eco Bisa Membuat Mobil Irit BBM?

4 April 2023 17:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Meski bentuk dan peruntukannya serupa, ternyata tidak semua ban mobil memiliki performa yang sama. Ada beberapa jenis ban diciptakan khusus dan lebih unggul kalau dibandingkan ban lain.

Salah satu ban yang memiliki keunggulan adalah ban eco. Jenis ini diklaim mampu menurunkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dan membuat mobil jadi lebih irit.

Fisa Rizqiano, Deputy Head of OE Sales PT Bridgestone Tire Indonesia menjelaskan, ban jenis eco memang dibuat dengan tujuan unggul di sektor efisiensi BBM.

Menurut Fisa, belum banyak konsumen yang tahu bila jenis ban akan sangat mempengaruhi konsumsi BBM. Bahkan pemilihan ban yang keliru bisa membuat mobil boros BBM.

“Makanya pabrikan berlomba-lomba membuat ban yang bisa membuat mobil irit BBM. Hasilnya, ditemukanlah inovasi ban eco yang sesuai namanya, memang ditargetkan untuk fuel economy,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Ban eco bisa meningkatkan efisiensi kendaraan karena konstruksinya khusus dan memiliki fitur low rolling resistance (LRR). Fitur ini membuat ban jauh lebih gampang digulirkan dibanding ban-ban jenis lainnya.

“Karena mudah digulirkan, mobil hanya perlu mengeluarkan daya yang kecil. Itulah alasan kenapa ban eco dianggap irit bahan bakar,” kata Fisa.

Efisiensi yang didapat dari penggunaan ban eco juga terbilang cukup signifikan. Menurut Fisa, konsumsi BBM mobil yang menggunakan ban eco bisa lebih irit 30 persen jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan ban konvensional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Ban Eco Bisa Bikin Mobil Irit BBM?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/04/071200415/mitos-atau-fakta-ban-eco-bisa-bikin-mobil-irit-bbm-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm