Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim ( Dok. Kemendikbud)

Tes Calistung Masuk SD Di Hapus, Nadiem Sebut Ini Capaian Gantinya

5 April 2023 20:19 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini pendaftaran peserta didik baru untuk Tahun ajaran 2023/2024 sudah dipersiapkan.

Bahkan, sekolah swasta sudah memulai pendaftaran untuk penerimaan calon siswa baru.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim membuat kebijakan baru untuk pendaftaran sekolah dasar alias SD.

Tes baca, tulis dan hitung atau calistung untuk syarat masuk SD resmi dihapus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Kebijakan penghapusan calistung ini disampaikan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar episode 24 "Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan", Selasa (28/3/2023), dan berlaku mulai 2023.

Kebijakan tersebut diputuskan oleh Nadiem setelah melihat banyaknya miskonsepsi tentang calistung pada PAUD dan SD/MI/sederajat kelas awal (kelas 1 dan 2) yang masih sangat kuat di masyarakat.

Ia menyampaikan,miskonsepsi ini membuat anak seolah-olah harus bisa calistung jika mau masuk SD.

Padahal, efek dari miskonsepsi ini membuat anak-anak tidak mendapat akses pendidikan yang merata akibat gagal lolos tes calistung.

"Bukan berarti calistung itu suatu topik yang tidak penting diajarkan di PAUD. Saya tidak mau ada salah pengertian di sini. Poinnya adalah ada miskonsepsi bahwa hanya calistung itu yang terpenting dan cara ngajarin calistungnya Itu juga salah," kata dia saat meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, secara daring pada Selasa (28/03).

Kesalahan pengajaran calistung ini , menurut Nadiem terletak sebagai syarat wajib anak-anak masuk SD.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm