Ilustrasi roti tawar.
Ilustrasi roti tawar. ( PEXELS/CATS COMING)

Persis Ala Toko Roti, Berikut 7 Cara Membuat Roti Tawar Yang Lembut

6 April 2023 06:53 WIB

SonoraBangka.id - Roti tawar bisa kamu temukan di minimarket atau warung dengan mudah. Dalam sekali waktu, kamu bisa coba membuat roti tawar lembut dan empuk. Ada tujuh tips membuat roti tawar yang mengembang dan halus seperti toko roti. Kamu bisa hidangkan dengan olesan selai atau taburan meses. Dilansir dari berbagai sumber, simak cara bikin roti tawar ala toko roti berikut ini.

1. Tuang air ragi saat adonan hangat

Dilansir dari laman Kompas.com, tambahkan air ragi saat adonan sudah hangat dan bukan panas mendidih. Hal ini agar cairan panas tidak akan membunuh ragi kering sehingga adonan bisa mengembang sempurna.

2. Uleni adonan dengan tepat

Tambahkan sisa tepung ke dalam adonan dan uleni hingga adonan halus. Masukkan semua jumlah tepung, tetapi perhatikan suhu dan kelembaban ruangan. Olesi mangkuk besar dan bolak-balik adonan agar bagian atasnya ikut terlumuri minyak.

3. Biarkan adonan selama 1 jam

Kamu bisa mendiamkan adonan selama satu jam di suhu ruang agar mengembang dua kali lipat. Gunakan handuk dapur bersih sebagai penutupnya.

4. Timbang adonan sesuai kebutuhan loyang

Dilansir dari laman Kompas.com yang lain, Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan menjelaskan kalau kamu perlu menimbang adonan sesuai kebutuhan loyang. "Untuk loyang yang kotak dan tertutup, carinya adalah panjang x lebar x tinggi loyang dibagi empat. Itulah berapa gram yang kamu butuhkan di dalamnya," ujar Chef Arief saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

5. Buka sebagian tutup loyang

Sebagian roti tawar yang permukaannya rata memiliki penutup loyang. Kalau adonan sudah dipanggang selama beberapa saat. Tutup loyang harus dibuka sedikit agar matang merata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Membuat Roti Tawar Mengembang dan Lembut, Persis ala Toko Roti", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/04/120900775/7-cara-membuat-roti-tawar-mengembang-dan-lembut-persis-ala-toko-roti.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm