Travel tujuan antar kota (Dok. )
Travel tujuan antar kota (Dok. ) ( KOMPAS.COM)

Cara Mengetahui Mobil Bermuatan lebih atau Sudah Pas

8 April 2023 19:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit terjadi kasus pecah ban mobil di jalan tol. Penyebabnya bisa beragam, baik dari faktor kontur jalan, hingga pada internal kendaraan. Urusan yang terakhir bermuara pada kemampuan daya angkut kendaraan.

Jalan yang berlubang sering menjadi penyabab pecah ban, karena kebanyakan mobil di jalan tol dipacu dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, tekanan udara ban dan muatan pada suatu mobil juga cukup besar mempengaruhi risiko pecah ban. Maka dari itu penting memastikan tekanan udara cukup dan disesuaikan dengan muatannya.

Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia Fisa Rizqiano mengatakan, pengguna mobil perlu mempertimbangkan muatan yang akan diangkut, supaya risiko pecah ban di jalan berkurang.

“Beban berlebih dapat diketahui dari jumlah orang dan muatan, indikasinya dapat diketahui dari dinding ban yang lebih defleksi dibanding normal atau kondisi yang mobil kelihatan lebih berat secara fisik (suspensi kelihatan lebih tertekan), atau tarikan mesin terasa berat,” ucap Fisa kepada Kompas.com, Jumat (7/4/2023).

Dia mengatakan pengguna mobil bisa mengetahui apakah mobil sudah bermuatan berlebih atau belum dengan memperhatikan bentuk ban, dan suspensi. Maka dari itu, penting memastikan tekanan angin ban sesuai dan memiliki suspensi yang prima.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan beban muatan mobil dapat diketahui dengan hitungan matematis selisih antara berat kosong kendaraan dengan berat maksimalnya.

“Data ini bisa diketahui oleh pengguna dari brosur mobil, biasanya akan tertera berat kosong kendaraan dan berat maksimalnya, angka tersebut tinggal dikurangi, maka akan ditemukan angka beban muatan maksimalnya,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Jumat (7/4/2023).

Dia mengatakan muatan maksimal ini dihitung berdasarkan berat semua penumpang serta barang bawaannya, sehingga bila total beratnya sudah melebihi batas, mobil bisa dikatakan bermuatan berlebih. Data juga bisa diketahui dari buku manual.

Dengan muatan yang tidak melebihi batas, diharapkan perjalanan menggunakan mobil menjadi lancar dan selamat sampai tujuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengetahui Muatan Mobil Berlebih atau Sudah Pas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/08/090200915/cara-mengetahui-muatan-mobil-berlebih-atau-sudah-pas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm