Ilustrasi kacang bawang renyah.
Ilustrasi kacang bawang renyah. ( PIXABAY/ EGO ARTZ)

Camilan Segala Suasana, Berikut 6 Cara Membuat Kacang Goreng

13 April 2023 06:41 WIB

SonoraBangka.id -  Kacang goreng atau kacang bawang bisa kamu hidangkan untuk menu camilan saat lebaran. Cara membuat kacang bawang terbilang cukup mudah. Namun beberapa orang mungkin pernah menemui kegagalan terutama saat menggorengnya sehingga bikin hasilya gosong. Dilansir dari berbagai sumber, simak cara membuat kacang bawang empuk dan renyah tanpa bikin gosong berikut ini. Baca juga: Resep Tahu Telur Kecap, Pakai Taburan Kacang Goreng Tumbuk Resep Rujak Serut Jeruk Nipis Simpel, Tambah Kacang Goreng 8 Resep Kacang Goreng Renyah untuk Isi Stoples Camilan di Rumah

1. Cara pilih kacang

Jika kamu hendak membuat kacang goreng, ada baiknya untuk memilih kacang yang bersih tanpa bercak dan lubang di permukaannya. Selain itu, kacang yang bernoda sebaiknya dihindari.

2. Bersihkan kacang

Kamu perlu mengupas kulit air kacang agar lebih mudah menikmatinya. Dilansir dari buku "Resep Favorit untuk Usaha - Camilan Kacang" oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, rendam kacang dalam air. Rebus air menidih selama 2-3 menit. Tiriskan dan rendam kacang di dalam air dingin selama 10-15 menit.

3. Sangrai dulu kacang

Sebelum menggorengnya, ada baiknya untuk menyangrai kacang agar aromanya lebih keluar. Gunakan api kecil agar kacang matang merata dan tidak cepat gosong.

4. Cara goreng kacang bawang

Ditambahkan dari buku "Snack Kering Serba Goreng untuk Jualan" (2013) oleh Dapur Aliza terbitan Gramedia Pustaka Utama, goreng kacang dengan api kecil yang stabil. Hal tersebut agar kacang matang merata hingga ke bagian terdalamnya.

5. Beri tambahan daun seledri

Selain menambahkan irisan bawang putih, kamu bisa menggunakan irisan daun seledri sebagai taburan kacang bawang agar aromanya semakin enak.

6. Dinginkan sebelum disimpan

Kacang bawang atau kacang goreng harus didinginkan sebelum disimpan. Tujuannya agar kacang lebih awet dan tidak mudah melempem hingga mengeluarka bau tengik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Kacang Goreng, Camilan Favorit untuk Segala Suasana", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/12/121700575/6-cara-membuat-kacang-goreng-camilan-favorit-untuk-segala-suasana?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm