Mekanik bengkel resmi Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan pergantian oli mesin Innova Reborn (Nasmoco)
Mekanik bengkel resmi Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan pergantian oli mesin Innova Reborn (Nasmoco) ( KOMPAS.COM)

Ini Dampak jika Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil

13 April 2023 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli digunakan untuk melumasi dan melindungi komponen-komponen utama mesin dari kerusakan. Oleh karena itu, pemilik mobil sebaiknya melakukan servis dan pergantian pelumas rutin sebagai bentuk perawatan. 

Mobil yang jarang ganti oli juga dikhawatirkan bermasalah. Sebab, akan timbul kerak dan kotoran yang merusak kompresi di ruang bakar. 

Jika dibiarkan, biasanya bahan bakar akan boros dan tidak bertenaga. Selain itu, pemilik sebaiknya memperhatikan kualitas dan volume oli, sehingga tidak ada masalah.

"Jadwal ganti oli 5.000-10.000 kilometer. Oli mesin fungsinya sangat penting. Jika telat akan muncul sludge oli di dalam mesin. Itu harus di rontokan, bisa menggunakan engine flush agar mesin bersih," kata Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin kepada Kompas.com, Kamis (13/4/2023).

Menurut dia, kerak oli atau sludge yang menumpuk di dalam mesin dampaknya pada sistem pembakaran. 

Hampir sama mesin ngelitik, bila ruang bakar bermasalah dikhawatirkan mempengaruhi bahan bakar yang digunakan. Hasilnya pun tenaga mesin berkurang dan mobil menjadi boros.

"Biar mobil nyaman digunakan, oli dan bahan bakar harus diperhatikan. Kualitas keduanya, menentukan usia komponen. Apalagi mobil yang cuma parkir, digunakan sehari seminggu. Sludge banyak, harus rutin ganti oli," kata dia. 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, bengkel resmi memiliki layanan pelanggan untuk mengingatkan jadwal servis berkala dan ganti oli.

"Itu sudah kita lakukan, agar jangan sampai konsumen Honda telat dalam merawat kendaraan. 10.000 kilometer sekali, kita telepon atau chat pelanggan. Ada layanan antar jemput servis bagi pemilik mobil yang sibuk," kata Teguh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Efek jika Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/13/120200315/ini-efek-jika-sering-telat-ganti-oli-mesin-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm