Grup musik kasidah, Nasida Ria, telah 45 tahun berkarya. Di masa pandemi, mereka tak lagi pentas di hadapan orang banyak, tapi beralih ke ranah virtual.(NASida Ria)
Grup musik kasidah, Nasida Ria, telah 45 tahun berkarya. Di masa pandemi, mereka tak lagi pentas di hadapan orang banyak, tapi beralih ke ranah virtual.(NASida Ria) ( )

Sudah 3 Kali Manggung di Jerman, Nasida Ria Katakan Ini

15 April 2023 15:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Grup kasidah legendaris Nasida Ria membagikan pengalamannya manggung di Jerman. Diketahui, grup kasidah asal Semarang yang telah berdiri sejak 1975 ini sudah tiga kali tampil di Jerman. Terakhir kali, Nasida Ria tampil pada acara Documenta Fifteen di Kessel, Jerman, pada 18 Juni 2022 lalu.

“Ceritanya kami dibawa ke Jerman oleh Komunitas Seni Ruang Rupa untuk mengisi acara Documenta Fifteen di Kassel Jerman, sudah tiga kali ke sana,”ujar salah satu personel Nasida Ria saat diundang di acara FYP Trans TV, dikutip Jumat (14/4/2023). Personel Nasida Ria sangat senang dengan pengalaman tersebut. “Insya Allah Berkah,” kata salah satu personel.

Walau penonton tak mengerti lirik dari lagu yang mereka bawakan, tetapi musik mereka tetap bisa membawa suasana meriah. “Pada ikut berjoget karena musiknya. Musik universal, kebetulan musik kami kasidah modern,” kata Afua selaku vokalis Nasida Ria. Menurut Nasida Ria salah satu pengalaman unik saat manggung di Jerman adalah saat menginap di hotel.

Nasida Ria merasa kaget lantaran  air mineral yang disediakan kepada tamu langsung diambil lewat keran.“Kita masuk di Kassel, langsung masuk kassel minumnya air keran. Awalnya bingung, apa memang air kerannya sudah memenuhi standar untuk diminum,” kata Afua. Nasida Ria yang telah mengalami empat generasi personel kini mereka sedang menyiapkan karya baru.

“Ada lagi persiapan lagu-lagu baru, ditunggu aja. Kita akan selalu berkarya menciptakan lagu-lagu baru insya Allah,”ujar Afua. Nasida Ria yang memiliki Sembilan anggota telah memiliki banyak single hits, Lagu-lagunya banyak yang populer dan dinyanyikan ulang yaitu “Perdamaian,” “Suasana Kota Santri,” “Dunia Dalam Berita,” dan masih banyak lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiga Kali Manggung di Jerman, Nasida Ria: Insya Allah Berkah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2023/04/14/222034466/tiga-kali-manggung-di-jerman-nasida-ria-insya-allah-berkah?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm