Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB. Terkini, Marc Marquez belum bisa kembali di COTA karena masih dalam pemulihan cedera yang membuatnya harus absen pada seri ketiga MotoGP 2023 di Amerika Serikat.(AFP/ MIRCO LAZZARI GP)
Aksi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, ketika mengikuti Kualifikasi MotoGP Amerika 2022 yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA) pada Minggu (10/4/2022) dini hari WIB. Terkini, Marc Marquez belum bisa kembali di COTA karena masih dalam pemulihan cedera yang membuatnya harus absen pada seri ketiga MotoGP 2023 di Amerika Serikat.(AFP/ MIRCO LAZZARI GP) ( KOMPAS.COM)

Bayaran Mahal, Tim MotoGP Enggan Merekrut Marc Marquez

16 April 2023 16:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Marc Marquez kabarnya sudah tidak betah di Honda. Pebalap asal Spanyol ini sedang mencari tim MotoGP baru untuk musim mendatang.

Sebagai salah satu pemain utama di kelas MotoGP, banyak yang mengira bahwa sejumlah tim pasti bersedia menampung Baby Alien. Walau begitu, tidak semua tim MotoGP rupanya mau merekrut Marquez.

Aprilia misalnya beralasan gaji Marquez akan membuat anggaran membengkak. Selain itu, Aprilia juga sudah memiliki kontrak dengan para pebalapnya.

"Merekrut Marc Marquez bukan gaya Aprilia. Kami punya kontrak dengan empat rider sampai 2024 dan kami percaya diri dengan mereka. Saya juga memperhitungkan budget," ujar bos Aprilia, Massimo Rivola, dikutip dari Speedweek (15/4/2023).

Hal yang sama dengan Aprilia, Ducati juga belum berniat merekrut Marquez. Anggaran Ducati kabarnya lebih diprioritaskan buat pengembangan motor dan bantuan ke tim satelit.

Sementara itu, salah satu tim prinsipal menyatakan bahwa mustahil bagi Marquez meninggalkan Honda demi merek lain. Kalau pergi dari Honda, itu artinya dia sudah tak balapan lagi di MotoGP.

"Aku tak melihat ada tempat buat Marc di Yamaha," kata Lin Jarvis, Managing Director Yamaha MotoGP, pada kesempatan yang sama.

"Jika kau lihat posisi Ducati, Yamaha, Aprilia dan lainnya, tim pabrikan tersebut tak punya sesuatu untuk dipertaruhkan dan sesuatu yang harus didapatkan. Karena Marc sudah menjadi juara delapan kali," ujar dia.

Sedangkan KTM juga menampik soal isu Red Bull akan membawa Marquez ke pabrikan Austria tersebut.

"Jika menang, itu karena rider-nya. Dan jika kalah, maka yang disalahkan adalah motorku," ujar Stefan Pierer, CEO KTM dan Gasgas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bayaran Mahal, Tim MotoGP Enggan Tampung Marc Marquez", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/16/072100115/bayaran-mahal-tim-motogp-enggan-tampung-marc-marquez.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm