Para remaja dan anak-anak saat mengikuti kegiatan pawai obor dalam rangka takbir keliling menyambut Hari Raya Idul 1443 H, Minggu (1/4/2022) malam
Para remaja dan anak-anak saat mengikuti kegiatan pawai obor dalam rangka takbir keliling menyambut Hari Raya Idul 1443 H, Minggu (1/4/2022) malam ( Bangkapos/Arya Bima Mahendra )

Sambut Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, Ini Tradisi Unik di Bangka Belitung

18 April 2023 08:09 WIB

SonoraBangka.id - Momen Ramadhan dan Idul Fitri adalah hal yang sakral yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Di daerah ini, terdapat sejumlah tradisi yang dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan dan merayakan hari raya Idul Fitri.

Salah satu tradisi yang paling terkenal di Bangka Belitung adalah menghias kampung dengan lampion atau balon lampu kalau dulu dengan api obor terbuat dari bambu, yang diletakkan di depan rumah.

Tradisi ini biasa mulai dilakukan ketika 21 hari ramadhan hingga akhir ramadhan atau istilah bangka selikur.

Hal ini dilakukan untuk memberikan suasana yang berbeda dan memperindah kampung selama bulan suci Ramadhan.

Selain itu, masyarakat Bangka Belitung juga menjalankan tradisi ngepung rumah (mengelilingi rumah) pada malam sebelum Ramadan dimulai.

Tradisi ini dilakukan oleh keluarga dan tetangga untuk memberikan dukungan dan doa untuk keluarga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Selama ngepung rumah, masyarakat juga menyantap hidangan tradisional seperti ketupat, opor ayam, dan sayur lodeh.

Salah satu tradisi yang paling terkenal adalah memasak "Gangan", sebuah hidangan khas yang terbuat dari ketupat, daging sapi atau kambing, dan rempah-rempah. 

Hidangan ini biasanya disajikan untuk berbuka puasa atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman pada malam takbiran menjelang Idul Fitri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm