Ilustrasi hari libur
Ilustrasi hari libur ( Sumber: Tribunnews.com)

Long Weekend Baik untuk Kesehatan menurut Penelitian, Ini Alasannya!

18 April 2023 10:43 WIB

SonoraBangka.id - Bagi kebanyakan orang, long weekend atau libur panjang di akhir pekan jadi momen yang paling dinanti-nanti.

Sebab, di long weekend kita semua bisa istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari baik dengan liburan maupun quality time bersama keluarga atau sendiri.

Selain istirahat, usut punya usut long weekend berdampak baik bagi kesehatan lo, kawan Puan.

Dilansir dari kompas.idlong weekend membuat durasi tidur lebih panjang dan fisik pun lebih aktif dibandingkan hari biasanya.

Di sisi lain, penelitian dari University of South Australia ini menambahkan perspektif atas wacana empat hari kerja yang sedang dibicarakan kalangan bisnis global.

Studi tersebut menggunakan data dari Annual Rhytms in Adult’s Lifestyle and Health (ARIA), yakni data yang mencatat ritme tubuh selama 24 jam, di antaranya dari segi aktivitas fisik dan pola makan.

Data yang dikumpulkan selama 13 bulan tersebut merangkum ritme tubuh 308 orang dewasa dengan nilai tengah usia (mean) 40,4 tahun dari gawai pencatat kebugaran (fitness tracker) yang mereka gunakan selama 24 jam. 

Semakin Lama Waktu Libur, Kesehatan Jadi Lebih Baik

Peneliti mengamati gerakan tubuh responden sebelum, saat, dan setelah liburan.

Di mana selama 13 bulan penelitian, responden mengambil 2-3 kali liburan dengan durasi masing-masing sekitar 12 hari.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm