Bank Indonesia meyakini inflasi inti akan tetap terkendali dalam kisaran 2 persen-4 persen di sisa tahun 2023 dan inflasi IHK dapat kembali ke dalam sasaran 2 persen-4 persen
Bank Indonesia meyakini inflasi inti akan tetap terkendali dalam kisaran 2 persen-4 persen di sisa tahun 2023 dan inflasi IHK dapat kembali ke dalam sasaran 2 persen-4 persen ( YouTube Bank Indonesia)

Gubernur BI Yakin Inflasi Tahun Ini Dapat Terkendali

19 April 2023 10:40 WIB

SonoraBangka.ID - Bank Indonesia (BI) optimistis inflasi tahun ini dapat terkendali. Hal itu terlihat dari tekanan inflasi terus menurun dan akan mendukung stabilitas perekonomian.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Maret 2023 secara bulanan tercatat 0,18 persen (mtm). Inflasi ini lebih rendah jika dilihat pola historisnya di periode awal Ramadhan.

"Dengan demikian, secara tahunan turun dari level bulan sebelumnya sebesar 5,47 persen menjadi 4,97 persen," ujar Perry saat konferensi pers dilansir dari Kontan.co.id, Selasa (18/4).

Perry menyampaikan penurunan inflasi terjadi di semua kelompok, yaitu inti, volatile food, dan administered prices.

Secara rinci, inflasi inti pada Maret 2023 terus melambat dari 3,09 persen secara tahunan menjadi 2,94 persen secara tahunan.

Hal itu dipengaruhi ekspektasi inflasi, tekanan imported inflation yang menurun, serta pasokan agregat yang memadai dalam merespons kenaikan permintaan barang dan jasa.

Sementara itu, Perry juga bilang, inflasi volatile food turun dari 7,62 persen secara tahunan pada Februari 2023 menjadi 5,83 persen pada Maret 2023.

Menurutnya, tekanan inflasi yang terus menurun dipengaruhi dampak positif kebijakan moneter Bank Indonesia yang pre-emptive dan forward looking serta.

Selain itu, dipengaruhi sinergi yang erat dalam pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam TPIP dan TPID melalui penguatan GNPIP di berbagai daerah.

"Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia meyakini inflasi inti akan tetap terkendali dalam kisaran 2 persen-4 persen di sisa tahun 2023 dan inflasi IHK dapat kembali ke dalam sasaran 2 persen-4 persen lebih awal dari perkiraan sebelumnya," kata dia.

Perry mengatakan Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pengendalian inflasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gubernur BI Yakin Inflasi Tahun Ini Dapat Terkendali", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/04/18/222704826/gubernur-bi-yakin-inflasi-tahun-ini-dapat-terkendali.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm