Ilustrasi stasiun penukaran baterai motor listrik(Dok. Nikkei Asia)
Ilustrasi stasiun penukaran baterai motor listrik(Dok. Nikkei Asia) ( KOMPAS.COM)

4 Merek Jepang Kolaborasi Membuat Baterai Motor Listrik

20 April 2023 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sejak 2019, empat besar merek sepeda motor Jepang, yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha telah bekerja sama dalam mengembangkan baterai motor listrik yang dapat ditukar.

Dilansir dari keterangan resmi Honda Global (20/4/2023), pengembangan baterai motor listrik telah menunjukkan sejumlah pembaruan kemajuan pada tahun-tahun berikutnya.

Pada September 2020, dimulai pengujian pertama baterai yang dapat ditukar. Kemudian pada November 2021, Honda mulai meluncurkan teknologi baterai swap Mobile Power Pack e:.

Baterai ini jadi unit pertama yang memenuhi standar pertukaran baterai dari konsorsium yang dimiliki 4 merek besar Jepang.

Terakhir pada 30 Maret 2022, 4 merek besar baru saja mengumumkan langkah berikutnya dalam proyek ini.

Bersama dengan perusahaan minyak Jepang, Eneos, konsorsium tersebut mendirikan perusahaan baru bernama Gachaco.

Kepemilikan sebagian besar perusahaan ini dikuasai oleh Eneos sebanyak 51 persen, Honda 34 persen, Kawasaki 5 persen, Suzuki 5 persen, dan Yamaha 5 persen.

Ketika dimintai tanggapan mengenai 4 merek Jepang yang menyiapkan baterai motor listrik yang dapat ditukar.

Octavianus Dwi Putro, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, bahwa hal tersebut mungkin saja terjadi.

“Tapi kembali, bahwa nanti begitu AHM merilis motornya ya pasti, namanya produk AHM,” ujar Octa di Jakarta (19/4/2023).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm