Mobil pemudik dengan barang bawaan di atas tanpa menggunakan roof box(Dok. Cakdan)
Mobil pemudik dengan barang bawaan di atas tanpa menggunakan roof box(Dok. Cakdan) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Pasang Roof Box Membuat Karakter Mobil Berubah

23 April 2023 21:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Roof box jadi aksesori yang umum digunakan pada mobil, apalagi saat momen pulang ke kampung halaman.

Dengan memakai roof box, tempat penyimpanan di mobil jadi lebih banyak untuk alternatif ketika ruan bagasi penuh.

Namun yang harus diperhatikan, ketika memasang roof box karakter mobil tentu akan mengalami perubahan. Kadang masalah perubahan pada rasa berkendara ini tidak disadari, sehingga kerap lupa.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, dimensi mobil yang dipasangi roof box sudah pasti berubah, jadi lebih tinggi dari normal.

"Artinya aerodinamisnya mobil berubah juga. Paling simpel, mobil jadi diterpa angin lebih banyak, performa mobil bisa terpengaruh," ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/4/2023).

Apalagi saat mobil dibawa ke jalan tol atau jembatan di mana angin samping lebih kencang. Tentu kalau tidak disadari, mobil bisa hilang kendali karena pengemudi kurang waspada dengan perubahan karakter mobilnya.

"Kedua, pasang roof box juga menambah beban dan posisinya di atas mobil, jadi titik keseimbangan kendaraan berubah. Pada saat manuver, mungkin mobil akan lebih susah untuk dikontrol," ucap Didi.

Jadi bagi para pengemudi yang mau memasang roof box, ingat ada dua hal yang pasti berubah, dimensi dan beban. Kedua hal ini bisa memengaruhi rasa berkendara, tidak semulus saat standar.

"Jadi lebih baik benar benar dipastikan kebutuhannya, lalu perhatikan hal lain seperti jalur dan rute yang dilewati," ucap Didi.

Misal, ketika masuk ke gerbang tol, tidak bisa lagi memilih yang khusus mobil kecil. Adanya roof box membuat mobil lebih tinggi, mungkin lebih dari 2,1 meter, jadi harus ikut dengan truk.

Begitu juga saat mau masuk parkiran mal, bisa saja basement area-nya terbatas. Jadi mobil dengan roof box cukup merepotkan juga karena dimensinya yang lebih tinggi dari standar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Pasang Roof Box Bikin Karakter Mobil Berubah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/23/160200315/ingat-pasang-roof-box-bikin-karakter-mobil-berubah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm