Ilustrasi gelombang panas
Ilustrasi gelombang panas ( KOMPAS.com)

Malaysia Dipanggang Gelombang Panas, Suhu Lampaui 37 Derajat

24 April 2023 14:30 WIB

SonoraBangka.ID - Warga Malaysia merasakan gelombang panas dengan suhu melampaui 37 derajat Celsius.

Di Malaysia, dinyatakan kondisi gelombang panas ketika rata-rata suhu maksimum harian melebihi 37 derajat Celsius selama tiga hari berturut-turut.

Kondisi tersebut biasanya terjadi pada Maret dan April, sebagaimana dilansir The Straits Times, Minggu (23/4/2023).

Departemen Kesehatan Sabah mengimbau masyarakat untuk minum lebih banyak air, menjaga suhu tubuh tetap sejuk, dan mengurangi aktivitas di luar ruangan selama gelombang panas.

Kalau pun harus ke luar ruangan, masyarakat diminta menggunakan payung atau topi saat beraktivitas dan banyak minum air putih.

Warga juga dianjurkan untuk memakai pakaian berwarna terang dan tipis serta mengurangi asupan kafein atau alkohol selama periode ini.

Selama gelombang panas, risiko kabut asap akibat kebakaran atau pembakaran juga meningkat, kata Departemen Kesehatan Sabah.

Departemen tersebut turut mendesak masyarakat untuk menghentikan praktik pembakaran secara terbuka. Pasalnya, paparan kabut asap dapat memicu risiko kesehatan.

Mereka yang terpapar kabut asap jangka panjang dapat menderita tenggorokan nyeri, batuk, pilek, bersin, kesulitan bernapas, mata nyeri dan berair, kulit gatal, dan nyeri dada.

Warga Malaysia juga disarankan untuk mengawasi kondisi cuaca harian dan beraktivitas sesuai dengan pedoman keselamatan dan kesehatan selama cuaca panas ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Malaysia Dipanggang Gelombang Panas, Suhu Lampaui 37 Derajat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2023/04/24/071500670/malaysia-dipanggang-gelombang-panas-suhu-lampaui-37-derajat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm