Busi mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Busi mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Jangan Cuek, Ini Gejala Busi Mobil Yang Tak Lagi Optimal

26 April 2023 17:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Walau bentuknya kecil, namun keberadaan busi pada mobil memiliki peran yang tak bisa disepelekan.

Fungsinya memberikan percikan api guna memicu ledakan campuran bensin dan udara untuk menciptakan gaya dorong pada mesin.

Busi masuk dalam komponen yang butuh perawatan dan pergantian, tapi tak ada patokan baku terkait masa pakainya. Rata-rata bengkel resmi sifatnya cuma sekadar menyarankan diganti tiap berapa puluh kilometer tertentu.

Karena itu, banyak pemilik mobil yang akhirnya sedikit cuek terhadap keberadaan busi, hingga tiba-tiba terjadi masalah dalam perjalanan.

Penting diketahui, saat usia busi sudah waktunya diganti, otomatis kinerjanya tak lagi optimal. Kalau terus digunakan, dampaknya akan sangat merugikan pemilik mobil, apalagi ketika dalam perjalanan arus balik Lebaran seperti saat ini.

Tapi untuk sedikit mengantisipasi masalah yang terjadi akibat busi yang mulai rusak atau mati, ada cara untuk mengenalinya lebih awal.

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia, biasanya busi mobil yang tak lagi optimal atau sudah tak berfungsi akan memberikan gejala yang bisa dirasakan pengendara.  

"Paling umum itu masalah tenaga mesin mobil yang berbeda dari biasanya, seperti terasa berat atau loyo. Hal ini akan terasa bagi pengendara yang biasa bawa mobil itu, karena ujungnya juga bisa bikin kendaraan jadi lebih boros BBM," ujar Diko kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Indikasi masalah busi tersebut harusnya sudah bisa menjadi sinyal bagi pengendara. Minimal dengan merasakan gejala tadi, ada tindakan seperti pengecekan mandiri atau langsung ke bengkel.

Sementara gejala kedua akan terasa saat busi sudah benar-benar tak berfungsi atau mati yang membuat kerja mesin terasa pincang.

"Mesin pincang dampaknya langsung ke performa mesin. Kondisi tersebut disebabkan tidak stabilnya pembakaran akibat percikan api yang tidak seimbang karena salah satu busi sudah lemah atau mati. Umumnya juga ada getaran berlebih yang seperti tidak biasanya," kata Diko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Cuek, Ini Gejala Busi Mobil yang Sudah Minta Ganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/26/094200415/jangan-cuek-ini-gejala-busi-mobil-yang-sudah-minta-ganti.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm