Pemudik melintasi tanjakan Tarahan di Lampung Selatan, Senin (24/4/2023) siang.(KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA)
Pemudik melintasi tanjakan Tarahan di Lampung Selatan, Senin (24/4/2023) siang.(KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA) ( KOMPAS.COM)

Suhu Mesin Naik Saat Mobil Melintasi Tanjakan

26 April 2023 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perjalanan mudik ke kampung halaman menyisakan pengalaman yang tidak terlupakan, khususnya bagi pengendara mobil pribadi. Terlebih lagi yang sempat mengalami kendala di perjalanan, tapi akhirnya dapat sampai tujuan dengan selamat.

Medan jalan yang tidak selalu datar memungkinkan pengendara mobil melewati tanjakan yang curam dan turunan yang tajam. Kalau diamati, ketika mobil melewati tanjakan suhu mesin mendadak naik sampai titik tertentu yang tidak seperti biasanya.

Kenaikan suhu mesin tersebut, apakah termasuk fenomena normal atau sebuah masalah pada mesin?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan suhu mesin pasti akan naik sampai titik tertentu ketika mobil dipacu dengan beban yang berat, selama sistem pendingin mampu mendinginkan dengan baik maka itu termasuk normal.

“Mobil yang melewati tanjakan panjang, pasti mengalami kenaikan suhu karena beban mesin bertambah, maka dari itu penting memperhatikan barang bawaan jangan sampai berlebih dan kesehatan sistem pendingin mesin,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Ibrohim mengatakan dengan beban yang tidak berlebih harapannya mesin bekerja tidak sampai batasnya, sehingga risiko mengalami overheat kecil.

Beban mesin bertolak belakang dengan kemampuan sistem pendingin mesin, sehingga ketika sistem pendingin mesin baik maka kenaikan suhu saat mobil melibas tanjakan tetap dapat dikendalikan menurut Ibrohim.

“Bila sistem pendingin tidak dapat bekerja dengan baik, maka risikonya mesin mengalami overheat, tapi bila sistem baik maka mobil yang menanjak hanya akan mengalami kenaikan suhu pada batas tertentu saja dan setelah itu turun lagi,” ucap Ibrohim.

Oleh karena itu, penting memperhatikan barang bawaan ketika perjalanan arus balik nanti diperkirakan melewati jalan yang banyak tanjakannya. Selain itu, penting juga memastikan sistem pendingin mesin dalam kondisi prima.

“Kipas radiator wajib dapat berputar maksimal, cairan radiator pakai coolant yang berkualitas, tidak ada kebocoran di saluran air radiator sehingga air selalu dalam kondisi cukup, radiator dan tutupnya juga harus sehat,” ucap Ibrohim.

Dengan sistem pendingin yang sehat, maka diharapkan kenaikan suhu ketika mobil melewati tanjakan dapat teratasi, sehingga bisa dikatakan normal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Suhu Mesin Naik Saat Mobil Melewati Tanjakan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/26/114200815/suhu-mesin-naik-saat-mobil-melewati-tanjakan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm