Mesin sedang diperbaiki(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Mesin sedang diperbaiki(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Gejala Kepala Silinder Mesin Mobil Sudah Melenting

29 April 2023 20:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kepala silinder melenting adalah dampak yang sering terjadi ketika mobil pernah mengalami overheat. Komponen kepala silinder yang awalnya terpasang rapat dan presisi, dapat memuai atau melenting sehingga tidak presisi lagi.

Akibatnya, terdapat celah antara kepala silinder dengan blok mesin sehingga muncul beberapa gejala yang identik dengan turun mesin.

Walau demikian, tidak semua mobil yang pernah mengalami overheat menyebabkan kerusakan yang parah. Bahkan, bisa saja kepala silinder tidak terjadi apa-apa atau masih utuh kalau penanganannya tepat.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan jika mesin mobil mengalami panas berlebih sebaiknya pengemudi tidak memaksakan mobil tetap melaju sehingga komponen mesin tidak rusak makin parah.

“Bila selama perjalanan pernah mengalami overheat, maka sebaiknya pemilik mobil memahami apa gejala mobil yang kepala silindernya sudah kena atau melenting dampak panas yang berlebih,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (29/4/2023).

Hardi mengatakan gejalanya cukup gampang untuk dipahami karena biasanya satu dengan yang saling berkaitan untuk mendukung apakah benar kepala silinder suatu mesin sudah melenting atau belum.

“Gejala yang paling ringan adalah munculnya gelembung udara di reservoir radiator ketika mesin dihidupkan stasioner dalam kondisi idle, gelembung tersebut ada secara terus menerus selama beberapa menit itu bisa jadi tanda kompresi mesin sudah tembus ke ruang pendingin,” ucap Hardi.

Menurut Hardi, kompresi mesin seharusnya tidak tembus ke ruang pendingin ketika kepala silinder masih presisi atau tidak melenting. Gejala gelembung ini juga biasanya diikuti dengan temperatur mesin yang mudah naik.

Dia juga mengatakan gejala lanjutannya air radiator cepat habis walau tidak ada kebocoran di salurannya. Karena, air radiator bisa saja masuk ke ruang bakar atau raung oli mesin.

“Untuk memperkuat dugaan awal, bisa diperiksa apakah oli mesin bercampur dengan air atau tidak dengan membuka tutup oli atau memeriksa lewat dipstick, bisa juga air radiator yang bercampur dengan oli mesin,” ucap Hardi.

Untuk memeriksa apakah air radiator masuk ke ruang bakar, sebaiknya busi dilepas untuk diperiksa area ruang bakar secara langsung menggunakan senter, menurut Hardi.

Hardi juga mengatakan, kelengkungan kepala silinder yang sudah parah dapat mengakibatkan air masuk ke ruang bakar sehingga ketika awal mesin hidup susah atau distarter panjang.

Jadi, itu tadi tiga gejala yang muncul bila kepala silinder sudah melenting akibat mesin mengalami panas berlebih. Yakni; ada gelembung di reservoir radiator, oli mesin bercampur air, dan mesin susah hidup.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda Kepala Silinder Mesin Mobil Sudah Melenting", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/29/144200815/tanda-kepala-silinder-mesin-mobil-sudah-melenting.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm