Ilustrasi AC mobil(Kompas.com/Fathan Radityasani)
Ilustrasi AC mobil(Kompas.com/Fathan Radityasani) ( KOMPAS.COM)

Ketahui 3 Penyebab AC Mobil Bau Setelah Digunakan Mudik

1 Mei 2023 18:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Melakukan Perawatan pasca mudik untuk mobil tidak kalah penting dengan perawatan pra mudik. Ada beberapa kendala yang biasanya baru muncul beberapa waktu setelah mobil digunakan pulang ke kampung halaman.

Salah satu kendala yang dimaksud, yaitu AC mobil bau, baik itu bau apak atau bau jamur. Kendala yang cukup menganggu ini seringkali dijumpai setelah masa-masa libur lebaran.

“Baunya tidak langsung muncul, biasanya AC mulai bau setelah satu minggu atau dua minggu setelah mudik. Kalau sudah ada bau aneh-aneh, sebaiknya AC mobil langsung diperiksa,” ucap Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil kepada Kompas.com, Minggu (30/4/2023).

Zaki menjelaskan, biasanya ada 3 sebab utama yang membuat AC mobil bau setelah mudik lebaran. Sebab ini ada yang berupa faktor kelalaian dari pengguna, ada pula yang berupa faktor apes.

1. Merokok di dalam mobil

Sebab pertama dari AC mobil yang bau adalah karena penumpang merokok di dalam mobil. Asap pembakaran tembakau dari rokok akan masuk ke ruang ac dan mengotori evaporator.

Nizar menjelaskan, beberapa batang rokok saja sudah mampu membuat AC mobil bau. Nantinya, evaporator menjadi berlendir dan memicu penumpukan kotoran.

“Evap yang berlendir jika tidak segera ditangani bisa berkarat, dan ujung-ujungnya bocor. Jadi merokok di mobil memang beresiko sekali,” ucap dia.

2. Membawa makanan atau barang dengan bau menyengat

Kendala kedua yang jadi penyebab AC bau adalah barang-barang dengan bau menyengat masuk ke dalam mobil. Ini juga merupakan situasi yang umum terjadi selama libur lebaran.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm