Ilustrasi jahe gajah.
Ilustrasi jahe gajah. ( SHUTTERSTOCK/IKA MAULINA)

Berikut Ini Tips Dan Cara Membuat Bubuk Jahe Ala Rumahan

2 Mei 2023 13:41 WIB

SonoraBangka.id - Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang cukup sering dijadikan bumbu dalam masakan atau untuk membuat minuman hangat. Jahe memiliki rasa pedas yang dapat menghangatkan tubuh saat udara dingin dengan minumannya, selain itu banyak khasiat baik bagi tubuh. Jahe merupakan bumbu penting wajib ada di dapur, agar awet tahan lama kamu bisa membuat sendiri stok jahe bubuk. Simak tips dan cara membuat bubuk jahe ala rumahan, dikutip dari majalah "Saji / ED 496 2021" (2021) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.   

Resep bubuk jahe

Bahan:

200 gram jahe

1 buah parutan

1 buah botol kaca berpenutup rapat

Cara membuat bubuk jahe:

1. Parut halus jahe segar yang sudah dikupas. Tuang hasil parutan jahe ke atas loyang.

2. Oven parutan jahe menggunakan suhu 100 derajat celcius selama 60 menit sampai benar-benar kering. Aduk-aduk sesekali. Dinginkan di suhu ruang.

3.  Haluskan parutan jahe yang sudah kering. Bisa menggunakan blender.

4. Saring jahe yang sudah dihaluskan.

5. Simpan jahe bubuk di dalam wadah kaca berpenutup rapat atau kedap udara.

Tips: Gunakan selalu sendok kering dan baru saat mengambil bubuk jahe ketika akan digunakan, agar bubuk jahe lebih awet dengan menjaganya tetap bersih dan kering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips dan Cara Membuat Bubuk Jahe ala Rumahan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/04/28/072300775/5-tips-dan-cara-membuat-bubuk-jahe-ala-rumahan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm