Penggantian oli motor sport(Kompas.com/Erwin Setiawab)
Penggantian oli motor sport(Kompas.com/Erwin Setiawab) ( KOMPAS.COM)

Oli Mana yang Lebih Baik Dipakai untuk Motor, Sintetik atau Mineral?

2 Mei 2023 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oli kendaraan umumnya terbagi menjadi dua jenis, yakni mineral dan sintetik. Meski nampak serupa, tapi keduanya berbeda.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, beberapa sifat dan karakteristik dari oli mineral dan sintetik dan mana yang lebih baik di antara keduanya untuk sepeda motor.

Perbedaan pertama tentunya komposisi dasar. Oli mineral terbuat dari minyak bumi mentah yang menjalani proses refinement untuk menghilangkan impurities dan kotoran-kotoran lainnya.

Sedangkan oli sintetik, terbuat dari campuran bermacam senyawa kimia dan seratus persen merupakan produk laboratorium tanpa adanya campuran bahan alami.

“Dari segi harga, oli mineral memang jauh lebih murah dibandingkan oli sintetik. Secara teknologi, oli sintetis juga jauh lebih unggul,” kata Anto kepada Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Keunggulan dari segi kualitas bisa diketahui lewat perbedaan fisik, di mana oli sintetik memiliki viscosity atau kekentalan yang lebih rendah dibandingkan mineral.

“Untuk mudahnya seperti ini, oli sintetis unggul dari segi performa karena kekentalannya rendah (encer), jadi cocok dipakai motor-motor lansiran terbaru. Kalau harus diadu antara oli sintetis melawan oli mineral, jelas oli sintetis lebih bagus,” kata Anto.

Selain menawarkan keunggulan dari segi performa, oli sintetik juga mempunyai komposisi senyawa kimia lain yang bisa membantu mesin, seperti mengangkat kerak, lubrikasi lebih halus, hingga menurunkan suhu mesin.

Akan tetapi, bukan berarti oli mineral tidak memiliki kelebihan. Menurut Anto, keunggulan utama dari oli mineral adalah kecocokannya untuk motor-motor klasik lansiran lama.

“Motor-motor tua misalnya yang masih pakai mesin karbu sangat cocok pakai oli mineral. Jadi memang baik oli sintetis dan oli mineral punya perannya masingg-masing,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Oli Mana yang Lebih Baik untuk Motor, Sintetik atau Mineral?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/02/143100315/oli-mana-yang-lebih-baik-untuk-motor-sintetik-atau-mineral-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm