Ilustrasi pembelian Pertalite di SPBU
Ilustrasi pembelian Pertalite di SPBU ( Pertamina)

SPBU Batasi Pembelian Pertalite karena Kuota Terbatas

3 Mei 2023 10:49 WIB

SonoraBangka.ID - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) membenarkan adanya SPBU yang membatasi pembelian Pertalite selama masa Libur Lebaran 2023.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengungkapkan, pihaknya saat ini memang masih menanti rampungnya Revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191/2014 yang mengatur tentang pembatasan volume pembelian Pertalite.

Meski demikian, BPH Migas memperbolehkan Pertamina untuk mengatur pembelian Pertalite sesuai kuota masing-masing daerah operasi.

"Masing-masing daerah punya kuota masing-masing jadi kami meminta kepada daerah untuk mengamankan kuota tersebut jadi kami mempersilahkan bagaimana mereka mengatur supaya kuotanya cukup," kata Erika dalam Konferensi Pers, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, setiap daerah memiliki ketentuan masing-masing, misalnya ada yang membatasi volume pembelian maksimum sebesar Rp 150.000, ada yang Rp 400.000.

"Kalau daerah merasa itu perlu untuk menjaga kuota cukup sampai akhir tahun, itu dipersilahkan," jelas Erika.

Sementara itu, SVP Retail Fuel Sales Pertamina Patra Niaga Pramono menjelaskan, pembatasan bisa saja dilakukan sebagai strategi untuk mengurai antrean kendaraan di SPBU.

"(Jika) kondisi sudah cukup padat sehingga di lokasi tertentu ada pembatasan," jelas Pramono dalam kesempatan yang sama.

Meski demikian, Pramono menegaskan kebijakan ini berbeda dengan program subsidi tepat yang kini tengah digalakkan Pertamina khusus untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar atau solar subsidi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SPBU Batasi Pembelian Pertalite karena Kuota Terbatas", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/05/03/075055226/spbu-batasi-pembelian-pertalite-karena-kuota-terbatas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm