Ilustrasi cokelat ganache.
Ilustrasi cokelat ganache. ( wikimedia/Luisa Contreras)

Bisa untuk Minuman Atau Dessert, Berikut Resep Sirop Cokelat Rumahan

4 Mei 2023 06:11 WIB

SonoraBangka.id -  Cokelat dapat dibuat minuman dan hidangan penutup yang disukai semua orang. Kamu bisa membuat sirop cokelat serbaguna untuk topping kue, minuman, dan dicampurkan dalam adonan. Sirop cokelat dibuat dari bahan yang mudah ditemukan di pasar maupun swalayan, yaitu air, gula pasir, cokelat bubuk, dan kental manis. Simak cara membuat sirop cokelat ala rumahan, dikutip dari majalah "Saji / ED 463 APR 2020" (2020) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep sirop cokelat

Bahan:

250 ml air

230 gram gula pasir

120 gram cokelat bubuk

150 gram kental manis 

Cara membuat sirop cokelat:

1. Campur air, gula pasir, dan cokelat bubuk. Aduk sampai rata.

2. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai meletup-letup.

3. Masukkan kental manis. Aduk rata. Masak sampai kental. Angkat.

4. Tuang ke dalam jar. Dinginkan. Tutup jar lalu simpan di dalam tempat yang sejuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Membuat Sirop Cokelat ala Rumahan untuk Minuman atau Dessert", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/05/03/210300475/4-cara-membuat-sirop-cokelat-ala-rumahan-untuk-minuman-atau-dessert.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm