Hadiri Tradisi Adat Nujuh Jerami, Mulkan Ajak Lestarikan Budaya Daerah
Hadiri Tradisi Adat Nujuh Jerami, Mulkan Ajak Lestarikan Budaya Daerah ( Diskominfotik Bangka)

Hadiri Tradisi Adat Nujuh Jerami, Mulkan Ajak Lestarikan Budaya Daerah

4 Mei 2023 09:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka, Mulkan menghadiri Upacara Adat Nujuh Jerami Yang merupakan ungkapan rasa syukur petani kepada Tuhan yang telah memberikan panen berlimpah, bertempat di rumah adat Dusun Air Abik, Selasa (2/5/2023).

Nujuh Jerami berasal dari kata Nujuh yang bearti tujuh dan jerami merupakan sebutan untuk padi.

Upacara Nujuh Jerami ini diselenggarakan setiap tahun berdasarkan penanggalan Cina yaitu pada hari ke 13 bulan 3 yang bertepatan dengan bulan purnama. Pada penanggalan masehi jatuh pada setiap bulan April.

Upacara ini dilaksanakan dengan harapan agar para leluhur mereka selalu menjaga ladang pada musim berikutnya. Tradisi ini digelar setiap tahun di Dusun Aik Abik Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu.

Dalam sambutannya Bupati Bangka, Mulkan mengatakan kegiatan adat seperti nujuh jerami ini harus terus dilestarikan dan lebih diperbanyak rangkaiannya.

"Saya berharap pelaku wisata juga turut mendukung agenda pariwisata ini. Dan ikut bersinergi dengan dinas pariwisata kita dalam memperkenalkan adat kita ditingkat nasional dan internasional. Jika tidak dipromosikan maka agenda kita hanya sebatas seremonial saja,"kata Bupati

Beliau juga sangat berharap kepada pelaku usaha untuk datang ke Bangka menyaksikan atraksi - atraksi budaya yang kita miliki.

"Agenda kemasyarakatan kita agar semakin ramai dikunjungi sehingga merangsang minat wisata untuk membeli  produk  pengrajin lokal yang kita miliki,"pungkasnya

Acara tersebut dilanjutkan dengan penerimaan sertifikat FGD dari Kemenkumham.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm