Waspadai bahaya vapor lock saay mobil lewat jalan turunan(Freepik/Peoplescreation)
Waspadai bahaya vapor lock saay mobil lewat jalan turunan(Freepik/Peoplescreation) ( KOMPAS.COM)

Penting, Ini Anjuran agar Terhindar dari Bahaya Rem Blong

4 Mei 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada beberapa anjuran keselamatan berupa tips mengemudi aman yang bisa diterapkan pengendara saat melewati jalan tanjakan dan turunan supaya terhindar dari bahaya rem blong.

Sebagaimana diketahui, jalan dengan elevasi yang tidak rata tentu memiliki risiko jika dilalui tanpa persipan. Risiko yang terjadi bisa berupa adanya kerusakan komponen, bahkan potensi kecelakaan jika pengemudi tidak berhati-hati.

Oleh karenanya, penting untuk selalu menerapkan sikap waspada dan cermat dalam pengambilan keputusan saat melewati dua jenis jalan tersebut.

1. Tips lewat jalan turunan

Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur, membagikan anjuran utama yang harus diperhatikan pengemudi saat melalui jalan turunan, yakni untuk tidak sepenuhnya bergantung dengan rem mobil.

“Intinya jangan hanya memainkan rem saja karena berbahaya. Nantinya cakram mobil bisa overheating, minyak rem mendidih, dan terjadi vapor lock,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (3/5/2023).

Vapor lock adalah situasi dimana minyak rem terlalu panas dan tidak bisa mengalir sempurna. Akibatnya, sistem hidrolik akan mati dan mobil tidak bisa direm, alias terjadi rem blong.

Untuk menyiasati hal tersebut, pengemudi sebaiknya memanfaatkan engine brake mobil. Caranya adalah dengan memindahkan tuas persneling ke gigi yang paling rendah.

Kalau mobil manual berarti menggunakan gigi 1 atau 2, dan jika mobil matik berarti menggunakan gigi D, L, atau M tergantung jenis mobilnya.

“Engine brake bisa diibaratkan sebagai penahan otomatis. Nantinya kecepatan mobil akan dibatasi oleh mesin dan laju mobil tidak akan terlalu kencang,” kata Eko.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm