Mobil listrik konsep Honda yang akan diluncurkan beberapa tahun mendatang(Dok. Autoindustriya.com)
Mobil listrik konsep Honda yang akan diluncurkan beberapa tahun mendatang(Dok. Autoindustriya.com) ( KOMPAS.COM)

Honda Targetkan Produksi 2 Juta Mobil Listrik Tiap Tahun

4 Mei 2023 21:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Honda mengumumkan akan semakin serius menggeluti pasar mobil listrik. Salah satu targetnya adalah memproduksi 2 juta unit kendaraan listrik tiap tahunnya pada 2030.

Banyak pabrikan yang sudah mulai memperkenalkan dan memasarkan mobil listrik andalannya. Honda pun tak ingin ketinggalan dan menargetkan banyak hal untuk mencapai netralitas karbon.

Dikutip dari Global.honda, Kamis (4/5/2023), Honda mengumumkan sudah menetapkan target untuk meningkatkan rasio penjualan electric vehicle (EV) dan fuel cell electric vehicle (FCEV) hingga 100 persen secara global pada 2040.

Untuk mencapai target tersebut, Honda juga berencana untuk memproduksi hingga 2 juta EV per tahun pada 2030.

Sebagai awal, Honda sudah berencana untuk meluncurkan beberapa kendaraan listrik di berbagai wilayah, seperti Amerika Utara, China, Jepang, dan wilayah lainnya.

Untuk wilayah Amerika Utara, Honda akan meluncurkan SUV listrik pada 2025. Mobil listrik tersebut akan masuk ke segmen yang sama dengan Honda Prologue.

Sementara untuk wilayah China, Honda akan memperkenalkan versi produksi dari mobil konsep e:N SUV. Lalu, pada 2027, Honda akan meluncurkan hingga 10 kendaraan listrik. Pada 2035, Honda cuma akan memasarkan mobil listrik di China.

Untuk wilayah Jepang, N-Van akan mulai dipasarkan pada pertengahan 2024. Pada tahun berikutnya, N-One menyusul untuk dipasarkan. Kemudian di 2026, dua model mobil listrik mungil dan SUV listrik akan diluncurkan di Jepang.

Sementara Indonesia sendiri, PT Honda Prospect Motor (HPM) masih mempelajari segmen dan model apa yang benar-benar diminati oleh konsumen di Indonesia. Tapi, pada 2040, secara bertahap Honda akan ke arah elektrifikasi sepenuhnya.

"Dengan memperkenalkan elektrifikasi, tahun ini (2023) kami akan memperkenalkan dua model hybrid. Tahun-tahun berikutnya, elektrifikasi lainnya, termasuk yang produksi lokal," ujar Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT HPM, saat ditemui di Karawang, beberapa waktu lalu.

Untuk memastikan rencana Honda memiliki kemajuan yang stabil, Honda melakukan berbagai kemitraan strategis di berbagai bidang, mulai dari pengadaan hingga sirkulasi baterai dan sumber daya baterai.

Saat ini, Honda telah memperkuat kemitraan eksternalnya di bidang baterai lithium-ion cair. Sekarang, Honda berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan aspek yang baik untuk pengadaan jumlah baterai yang stabil yang dibutuhkan dalam skala global.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Targetkan Produksi 2 Juta Mobil Listrik per Tahun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/04/190100515/honda-targetkan-produksi-2-juta-mobil-listrik-per-tahun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm