Ilustrasi lelah mental
Ilustrasi lelah mental ( Ahmet Misirligul)

Yuk Mengenal Mental Load, Beban Tak Terlihat di Pundak Seorang Ibu

5 Mei 2023 13:54 WIB

SonoraBangka.id - Bagi para ibu, baik yang bekerja maupun sebagai ibu rumah tangga, mungkin akan mempunyai beban yang berbeda.

Akan tetapi keduanya sama-sama menanggung beban pekerjaan rumah tangga yang bisa sangat melelahkan secara mental.

Bahkan di dalam rumah tangga dengan pasangan suami istri yang bekerja sama untuk urusan domestik pun, seorang ibu tetap lebih rentan mengalami kelelahan mental.

Istilah kelelahan yang dirasakan ibu tersebut dinamakan mental load atau beban mental. Apa itu?

Ketahui apa itu mental load alias beban yang tak terlihat di pundak ibu seperti mengutip dari Mind Body Green berikut ini!

Beban Mental Seorang Ibu

Beban mental adalah istilah untuk pekerjaan yang tidak terlihat ada di pundak ibu karena bukan merupakan tugas-tugas fisik.

Mental load merujuk pada pikiran ibu yang sering kali harus mengawasi atau memikirkan tugas-tugas rumah tangga bisa berjalan.

Ibu dianggap menjadi orang yang bertanggung jawab membuat daftar tugas, mengingatnya, menyelesaikannya, hingga memastikan pekerjaan yang dilakukan anggota keluarga terselesaikan dengan baik.

Menurut Lucia Ciciolla, Ph.D, psikolog di Oklahoma State University, beban mental merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan lantaran tidak terlihat secara fisik.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm