Proses pembongkaran alternator atau dinamo ampere(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Proses pembongkaran alternator atau dinamo ampere(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Kenali Fungsi dari Dinamo Ampere pada Mobil

6 Mei 2023 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dinamo ampere atau alternator merupakan komponen yang ada pada mobil, khususnya di sektor bagian luar mesin.

Tapi, tidak semua pengguna mobil paham apa fungsi komponen tersebut. Padahal, dinamo ampere memegang peran yang cukup penting, khususnya menyuplai daya listrik ke aki dan beberapa perangkat elektronik lain.

Seperti apa fungsi dinamo ampere pada mobil selengkapnya?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan fungsi utama dinamo ampere adalah untuk mengisi daya listrik pada aki mobil, sehingga komponen tersebut menentukan kesehatan aki.

“Dinamo ampere yang sudah tidak sehat bisa menyebabkan aki mobil cepat tekor, karena suplai daya listriknya kurang, bahkan meski aki sudah diganti baru, tidak lama aki bisa drop kembali,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Hardi mengatakan dinamo ampere memanfaatkan putaran mesin dan medan magnet untuk menghasilkan listrik yang seterusnya disalurkan ke aki mobil.

Awal mulanya, puli dinamo ampere akan digerakkan oleh drive belt yang terhubung dengan puli crankshaft. Putaran tersebut terhubung dengan poros yang menggerakkan rotor berupa magnet yang juga dililiti oleh kabel tembaga.

Berkat putaran itu lah, daya listrik terhimpun dari gesekan medan magnet antara rotor dan stator. Listrik yang dihasilkan akan dialirkan menuju terminal positif dinamo ampere dan melewati dioda untuk disearahkan.

“Listrik yang dihasilkan oleh putaran itu berupa listrik bolak-balik (AC) oleh dioda diubah menjadi listrik satu arah (DC) yang dibutuhkan oleh otomotif agar lebih aman, atau tidak menyengat,” ucap Hardi.

Walaupun terkesan sederhana, ternyata dinamo ampere bekerja cukup rumit untuk menghasilkan suplai daya listrik yang dibutuhkan oleh aki mobil. Dengan alternator yang sehat, maka usia aki dipastikan menjadi lebih awet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Fungsi Dinamo Ampere pada Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/06/102200615/kenali-fungsi-dinamo-ampere-pada-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm