PT PLN (Persero) menyiapkan 108 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo(Dokumen PLN)
PT PLN (Persero) menyiapkan 108 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo(Dokumen PLN) ( KOMPAS.COM)

PLN Klaim Sudah Sediakan Sebanyak 616 SPKLU

6 Mei 2023 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - PT PLN (Persero) mengklaim saat ini sudah menyediakan 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, guna mendukung penggunaan mobil listrik berbasis baterai.

Hanya saja, dikatakan Direktur Niaga dan Retail PLN Edi Srimulyanti, persebaran tersebut masih terpusat di Jawa, Sumatera, dan Bali.

"Kami sudah memasang SPKLU di seluruh Indonesia totalnya ada 616 unit dan tersebar di 300 lokasi," kata Edi saat konferensi pers Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

"Tapi ini masih kita fokuskan untuk jalur Trans Sumatera, Jawa, dan Bali," ucap dia.

Alasannya, karena penyebaran kendaraan listrik terbesar saat ini masih di ruas-ruas terkait. Ke depan, fasilitas pendukung ini bakal semakin merata di samping kehadiran SPKLU oleh instansi swasta lainnya.

Kendati masih terpusat, Edi mengklaim sejauh ini khususnya selama periode libur Lebaran 2023 pekan lalu, belum ada komplain terhadap pengguna kendaraan listrik.

"Jadi saya kira ini sudah sangat cukup dan kita akan terus tambah. Pemenuhan fasilitas pendukung kendaraan listrik tidak cukup hanya dilakukan oleh PLN. Jadi kami mengajak para swasta untuk berkerja sama," ucap Edi.

Sementara untuk mendukung penggunaan sepeda motor listrik berbasis baterai, PLN juga telah menyusun strategi untuk menyiapkan stasiun pergantian baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) di sejumlah ruas jalan.

"Kalau SPKLU-nya sudah ada tetapi saat ini masih digunakan untuk UKM. Nanti, kami akan hadirkan di gedung-gedung tertentu," katanya.

"Saya tekan lagi, penyediaan SPKLU dan SPBKLU, kami tak bisa berjalan sendiri. Memang listriknya dari PLN, tapi mesin untuk pengisian atau penukaran baterai, kami tidak bisa menyediakan sendiri dan ini perlu kerja sama," ucap Edi lagi.

Pada kesempatan sama, ia juga menyebut bahwa pihak PLN akan memberikan diskon bagi masyarakat yang memasang tempat pengisian baterai di rumah. Kalau mereka melakukan pengisian pada pukul 22.00 WIB sampai 05.00 WIB, bakal diberikan diskon 30 persen.

Potongan harga ini, diharapkan dapat mendorong pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dan menghilangkan keraguan masyarakat yang ingin menggunakan transportasi ramah lingkungan dimaksud.

Selain itu, perseroan juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang berguna untuk membantu pengguna kendaraan listrik untuk mencari lokasi SPKLU terdekat.

"Semoga langkah ini mengawali langkah-langkah besar selanjutnya dalam menciptakan akselerasi kendaraan listrik di Indonesia," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Klaim Sudah Sediakan 616 SPKLU", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/06/172200815/pln-klaim-sudah-sediakan-616-spklu?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm