ILUSTRASI - Banyak orang beranggapan, bahwa mengalami gusi berdarah adalah hal yang wajar dan normal. Padahal, gusi berdarah sebenarnya bisa menunjukkan masalah
ILUSTRASI - Banyak orang beranggapan, bahwa mengalami gusi berdarah adalah hal yang wajar dan normal. Padahal, gusi berdarah sebenarnya bisa menunjukkan masalah ( TRIBUNBATAM.ID)

7 Penyebab dan Cara Mengobati Kasus Gusi Berdarah, Apa Saja?

7 Mei 2023 18:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu permasalahan umum yang kerap dialami kebanyakan orang adalah gusi berdarah.

Secara umum, gusi berdarah tidak berbahaya dan bukanlah permasalahan yang serius. Tapi, untuk beberapa kasus, gusi berdarah juga dapat menandakan adanya suatu penyakit.

Kendati demikian, gusi berdarah biasanya disebabkan oleh aktivitas menyikat gigi atau makan makanan yang terlalu keras sehingga melukai gusi.

Penyebab gusi berdarah

Dikutip dari Medical News Today, gusi berdarah juga disebabkan karena penumpukan plak atau karang gigi. Adanya plak, memungkinkan bakteri tumbuh di sepanjang garis gusi, membuat gigi sensitif, sehingga menyebabkan gusi berdarah.

Selain di atas, berikut beberapa penyebab gusi berdarah yang umumnya terjadi:

1. Tidak cukup sering menyikat gigi, atau setidaknya dua kali sehari

2. Menggunakan sikat gigi yang terlalu keras atau kaku

3. Menggunakan sikat gigi yang sudah usang dan tidak bersih

4. Menggunakan benang gigi secara kasar

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm