Ilustrasi pulau Phu Quoc, Vietnam
Ilustrasi pulau Phu Quoc, Vietnam ( iStockphoto)

Vietnam Catat Suhu Panas Tetinggi, Ahli: Mengkhawatirkan

8 Mei 2023 18:42 WIB

SonoraBangka.ID - Vietnam dilanda suhu panas tertinggi pada Sabtu (6/5/2023) malam berdasarkan laporan stasiun cuaca utara-tengah yang mencapai 44,1 derajat Celcius (111,38 derajat Fahrenheit).

Pemerintah Vietnam menyebut suhu tersebut memecahkan rekor tertinggi sebelumnya yang terjadi pada 2019.

Asia Selatan dilaporkan telah dilanda gelombang panas selama bulan April.

Sejumlah negara Vietnam juga mencatatkan rekor suhu panas.

Cuaca Vietnam bervariasi dari utara ke selatan, tetapi seluruh negara kini tengah memasuki bulan-bulan musim panas terpanas.

Pusat Peramalan Meteorologi Hidro Nasional Vietnam, menyebut rekor suhu 44,1 derajat Celcius diukur pada Sabtu sore di stasiun dalam ruangan Hoi Xuan di provinsi Thanh Hoa tengah-utara

Angka tersebut memecahkan rekor tertinggi sebelumnya di Vietnam, yaitu sebesar 43,4 derajat Celcius, yang tercatat pada 20 April 2019, di Distrik Huong Khe di Provinsi Ha Tinh tengah.

"Ini adalah catatan yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global," kata Ahli Perubahan Iklim Nguyen Ngoc Huy kepada AFP dari ibu kota Hanoi.

"Saya yakin rekor ini akan terulang berkali-kali. Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem terbukti benar," ungkapnya.

Para ilmuwan mengatakan, pemanasan global telah memperburuk cuaca.

Laporan baru-baru ini dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB memperingatkan bahwa setiap peningkatan pemanasan global akan mengintensifkan bahaya ganda dan bersamaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vietnam Catat Suhu Panas Tetinggi, Ahli: Mengkhawatirkan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2023/05/07/152739070/vietnam-catat-suhu-panas-tetinggi-ahli-mengkhawatirkan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm