Tutup Radiator(Kompas.com)
Tutup Radiator(Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

5 Gejala Tutup Radiator Mobil Sudah Waktunya Diganti

9 Mei 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tutup radiator yang rusak bisa menyebabkan masalah serius di mesin. Salah satunya, bisa menyebabkan turun mesin karena mesin mengalami overheat.

Sayangnya, komponen ini tidak termasuk komponen yang harus diganti secara rutin seperti oli dan sejenisnya. Akibatnya, kerusakan tutup radiator kerap terabaikan.

Oleh karena itu penting bagi pengguna atau pemilik mobil mengetahui tanda tutup radiator sudah waktunya ganti.

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan, tanda tutup radiator sudah waktunya ganti bisa diketahui dari pengamatan fisik tutupnya atau memperhatikan air radiator di tangki cadangan.

1. Katup tekanan tinggi keras

“Katup tekanan tinggi adalah bagian katup radiator yang besar pada sisi dalam, itu ada pegas yang normalnya empuk bila ditekan menggunakan jempol tangan, kalau diukur angkanya akan menunjukkan 0,9 Kpa atau 1,1 Kpa,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Hardi mengatakan, kalau tutup radiator sudah keras, maka tidak akan membuka meski diberi tekanan sesuai dengan angkanya. Sehingga, air dalam radiator akan tertahan lebih lama di dalam sirkulasi ruang pendingin.

Kondisi tersebut akan membuat air radiator cepat memanas dan memiliki tekanan yang sangat besar. Bila dibiarkan, bisa saja merusak komponen pendingin mesin seperti radiator, bahkan terburuknya akan membuat packing mesin jebol.

2. Katup vakum patah

Sedangkan katup vakum adalah katup kecil di tengah, akan bekerja bila di dalam radiator mengalami kevakuman karena air berkurang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm