ilustrasi asam lambung naik.(iStockphoto/Tharakorn)
ilustrasi asam lambung naik.(iStockphoto/Tharakorn) ( KOMPAS.COM)

Sering Alami Batuk di Malam Hari? Bisa Jadi Itu Gejala Asam Lambung

11 Mei 2023 19:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Asam lambung adalah kondisi mulas akibat kandungan asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan.

Perut mengandung asam yang berfungsi membantu memecah makanan yang masuk, sekaligus sebagai pelindung dari patogen seperti bakteri.

Cincin otot sfingter gastroesophageal, biasanya bertindak sebagai katup yang memungkinkan makanan masuk ke perut, kemudian mencegahnya supaya tidak kembali ke kerongkongan.

Ketika katup ini gagal menutup, isi dan kandungan asam dalam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan, hal ini yang dikenal sebagai kondisi asam lambung naik.

Gejala asam lambung yang terlalu sering dialami, bisa jadi merupakan tanda GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD adalah kondisi asam lambung kronis yang lebih serius atau parah, ditandai dengan kondisi asam lambung naik yang dirasakan terus menerus.

Asam lambung dan batuk

Dikutip dari National Library of Medicine, pasien dengan gejala GERD klasik disertai batuk cenderung mengalami batuk terkait GERD atau asam lambung kronis.

Sering batuk di malam hari atau batuk setelah makan adalah gejala yang berhubungan dengan kondisi batuk yang disebabkan oleh asam lambung.

Selain itu, lebih mudah untuk menunjuk GERD sebagai penyebab potensial ketika pasien batuk menunjukkan riwayat dan gejala GERD, mulas, atau regurgitasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm