Penderita serangan jantung dapat melakukan olahraga ringan saat kondisinya sudah membaik.(Shutterstock/AN Photographer2463)
Penderita serangan jantung dapat melakukan olahraga ringan saat kondisinya sudah membaik.(Shutterstock/AN Photographer2463) ( KOMPAS.COM)

Apakah Bisa Kembali Beraktivitas Normal Setelah Terkena Serangan Jantung?

13 Mei 2023 19:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penderita serangan jantung memerlukan waktu pemulihan yang berbeda-beda. Umumnya, ia membutuhkan waktu dua minggu hingga tiga bulan untuk sembuh.

Tapi, kecepatan waktu pemulihannya tergantung sejumlah faktor. Misalnya, keparahan penyakit yang diderita, seberapa cepat menerima perawatan, jenis pengobatan, dan kondisi medis lainnya.

Lalu, bisakah penderita serangan jantung kembali beraktivitas normal setelah sembuh?

Pengobatan serangan jantung

Dilansir dari Mayo Clinic, penderita serangan jantung harus segera mendapatkan perawatan begitu menunjukkan gejala. Untuk mendiagnosis penyakitnya, ia akan menjalani pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, bahkan CT scan, MRI, dan rontgen dada.

Selanjutnya, ia harus mengonsumsi obat-obatan, termasuk aspirin, penghancur gumpalan darah, dan obat pengencer darah. Selain itu, prosedur bedah untuk membuka pembuluh arteri yang tersumbat juga dapat menjadi solusinya.

Penderita serangan jantung juga akan menjalani rehabilitasi berupa latihan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tindakan yang dilakukan berupa olahraga, diet, manajemen stres, dan latihan beraktivitas seperti biasa.

Kalau kondisinya sudah membaik, penderita serangan jantung boleh pulang ke rumah.    

Kapan bisa beraktivitas normal?

Menurut Cleveland Clinic, pasien serangan jantung mungkin akan merasa lelah selama minggu pertama kepulangan dari rumah sakit. Karena serangan jantung merusak ototnya, penderita butuh waktu untuk pulih dan menyesuaikan diri lagi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm