Ilustrasi tempat tidur di sudut ruangan.(Shutterstock/Procreators)
Ilustrasi tempat tidur di sudut ruangan.(Shutterstock/Procreators) ( KOMPAS.COM)

Ternyata, Ini Arah Tempat Tidur Paling Baik untuk Tidur Nyenyak

15 Mei 2023 19:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memahami arah terbaik untuk tidur mungkin bukan sesuatu yang Anda pertimbangkan sebelumnya. Akan tetapi, berfokus pada arah tempat tidur adalah sesuatu yang diyakini oleh tradisi kuno dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, kalau Anda kesulitan tidur, posisi tempat tidur mungkin perlu Anda pertimbangkan untuk memperoleh tidur nyenyak dan berkualitas.

Dilansir Woman and Home, Senin (14/5/2023),  feng shui merekomendasikan, misalnya, kepala tempat tidur harus menghadap ke dinding dengan tempat tidur menghadap jauh dari pintu, sehingga tidak ada perasaan ada sesuatu di belakang Anda saat tidur.

Selain itu, feng shui merekomendasikan bahwa dinding kamar tidur harus dicat dengan warna tertentu tergantung pada arah hadapnya, seperti hijau untuk kamar tidur yang menghadap timur untuk mengundang penciptaan dan pertumbuhan, dan merah di selatan untuk kekuatan.

Feng shui berfokus pada penggunaan kekuatan energi untuk menyelaraskan individu dengan lingkungan sekitarnya.

Feng shui memastikan ruang hidup kita seimbang dengan alam. Tapi, umumnya menciptakan rasa tenang dan aman di seluruh rumah akan membantu Anda rileks, kata Heather Darwell-Smith, seorang psikoterapis yang berspesialisasi dalam tidur.

Sementara beberapa studi ilmiah telah mengeksplorasi preferensi posisi tempat tidur untuk manusia, ada penelitian signifikan tentang perilaku mamalia di area ini, jelasnya.

Manusia berbagi kebutuhan primal yang sama dengan mamalia yang ingin tidur di lokasi yang aman. Jadi, kita mungkin secara tidak sadar merancang kamar tidur kita untuk memastikan kita dapat melihat pintu dari tempat tidur kita untuk memberikan visibilitas ancaman apa pun dan cara yang jelas untuk melarikan diri, ungkap Darwell-Smith.

Namun, walaupun mengubah arah tempat tidur dapat membantu Anda mempelajari cara tidur yang lebih baik jika Anda merasa sedikit gugup dengan pengaturan kamar tidur, penelitian ilmiah di balik hal ini belum ditetapkan.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, kata Darwell-Smith, karena mereka yang menderita kecemasan tidur akibat insomnia mungkin menganggap ini sebagai kekhawatiran malam hari lainnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm