Ilustrasi medical check up
Ilustrasi medical check up ( Sumber: shutterstock via kompas.com)

Apa Saja yang Dites saat Medical Check Up Jika Melamar Pekerjaan?

16 Mei 2023 10:36 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya saat mencari lowongan kerja, kita pasti memperhatikan berbagai syaratnya.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan tahapan dari lowongan kerja yang kamu daftar.

Dalam mendaftar lowongan kerja, biasanya akan ada tahapan seleksi yang diberikan.

Mulai dari tahapan administrasi, tes tulis, tes wawancara, hingga ada pula yang memberikan tes fisik atau medical check up.

Kamu mungkin akan diminta untuk lulus ujian fisik, baik sebelum pemberi kerja memperpanjang tawaran pekerjaan atau selama proses wawancara.

Bergantung pada jenis ujian, sifat pekerjaan, dan faktor lainnya, sering kali legal bagi calon pemberi kerja untuk meminta kandidat mengikuti ujian fisik.

Lalu apa saja tes medical check up dalam tahap pencarian kerja? Yuk perhatikan penjelasannya berikut, seperti dikutip dari Liveabout.com.

1. Tes Narkoba dan Alkohol

Pengusaha melakukan tes narkoba untuk berbagai alasan, seperti mengurangi ketidakhadiran dan kecelakaan di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi tanggung jawab perusahaan.

Calon karyawan dapat diminta untuk mengikuti berbagai tes narkoba.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm