Ilustrasi cokelat(Unsplash/Reta Celma)
Ilustrasi cokelat(Unsplash/Reta Celma) ( kompas.com)

Tak Pakai Obat, Ini Cara untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami

17 Mei 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Orang sehat normalnya memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mm Hg.

Penderita hipertensi memiliki tekanan darah di atas 140/90 mm Hg, atau kalau kondisi parah, tekanan darahnya bisa di atas 180/120 mm Hg.

Orang yang awalnya sehat, bisa tiba-tiba mengalami tekanan darah tinggi.

Tekanan darah yang mendadak naik ini memang bisa turun kembali. Tapi, penderita akan mengalami sejumlah gejala saat tekanan darahnya naik.

Untuk mengatasi ini, penderita bisa meminum obat. Namun jika obat tak ada, penderita bisa menurunkan tekanan darah dengan cara alami.

Cara alami menurunkan tekanan darah

Menurut MedicineNet (19/12/2022), ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah dengan cepat dan tanpa obat:

1. Rileks

Duduk, ambil napas dalam-dalam, cobalah untuk rileks dan fokus pada pernapasan.

Stres dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah. Karena itu, meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri dapat membantu menurunkannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm