Angkot listrik Metropod yang dipamerkan di Parklindo Electric Vehicle Show di Kemayoran, Jumat (29/7/2022). Metropod ini disebut akan dikembangkan untuk transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). (KOMPAS.com/Dian Erika )
Angkot listrik Metropod yang dipamerkan di Parklindo Electric Vehicle Show di Kemayoran, Jumat (29/7/2022). Metropod ini disebut akan dikembangkan untuk transportasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). (KOMPAS.com/Dian Erika ) ( KOMPAS.COM)

Elektrifikasi Untuk Kendaraan Umum Jadi Agenda Kemenhub

20 Mei 2023 19:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan rencana untuk melakukan elektrifikasi angkutan umum, di mana nantinya, kendaraan-kendaraan seperti bus, mikrolet, bahkan angkot akan menggunakan tenaga listrik.

Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Darat Kemenhub menjelaskan, rencana ini sejatinya sudah masuk ke dalam agenda dan rutin didiskusikan.

Dia menambahkan, implementasi aturan ini akan disegerakan dan dilakukan secara bertahap. Dimulai dari beberapa wilayah terlebih dahulu dan jangkauannya akan meluas seiring berjalannya waktu.

“Penerapannya (elektrifikasi angkutan umum) butuh waktu dan akan kami lakukan bertahap, tapi hal ini memang sudah direncanakan, tinggal kapannya saja ya,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Danto mengatakan, sarana dan prasarana untuk mendukung hal tersebut sejatinya sudah ada dan tersedia. Menurutnya, satu tantangan dalam percepatan implementasi ini lebih ke hal-hal yang bersifat normatif, bukan teknis.

“Pastinya kan akan ada perombakan, karena cukup sulit kalau seratus persen langsung berubah dari BBM ke listrik,” ujarnya.

Dengan diimplementasikannya aturan ini kelak, Danto berharap minat masyarakat mulai bergeser pada kendaraan listrik. Selain itu, penerapan kendaraan umum listrik juga akan sangat mendukung program negara nol-emisi.

“Harapan kami, rencana ini bisa berjalan dan mandiri sebelum tahun 2030,” ucap Danto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Elektrifikasi Kendaraan Umum Jadi Agenda Kemenhub", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/20/122200015/elektrifikasi-kendaraan-umum-jadi-agenda-kemenhub.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm