Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Aki rekondisi merupakan aki bekas yang sudah soak, diperbaiki lalu dijualbelikan.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Tips Beli Aki Mobil supaya Awet

21 Mei 2023 17:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki merupakan komponen yang kerap mengalami masalah pada mobil. Pasalnya, komponen ini memiliki usia pakai rata-rata tidak panjang, sekitar 2 tahunan saja.

Maka dari itu, aki menjadi onderdil mobil yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Ada banyak penjual aki di pasaran, baik toko aki dari merek ternama, toko aki pinggir jalan bahkan tidak sedikit toko online.

Dengan demikian, pengguna mobil bisa mendapatkan aki dari berbagai sumber. Dalam, membeli aki sebaiknya masyarakat memperhatikan kualitas serta keasliannya, pasalnya banyak beredar aki palsu atau rekondisi.

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan, agar aki awet selain perlu perawatan, masyarakat juga sebaiknya hati-hati saat membelinya.

“Pastikan aki tersebut asli, memiliki tahun produksi yang masih muda, dan membeli hanya di toko terpercaya, misal Shop & Drive resmi, itu bisa menjadi salah satu cara agar mendapatkan aki mobil yang awet selain melakukan perawatan,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Minggu (21/5/2023).

Iqbal mengatakan aki asli dipastikan mempunyai kualitas yang lebih terjamin daripada aki palsu atau tiruan di pasaran dengan harga lebih murah.

“Ingat, kualitas aki juga ditentukan dari bahan, konstruksi, dan sistem yang menjaminnya, aki dengan merek terpercaya pasti telah melalui kontrol kualitas dengan lebih baik daripada abal-abal,” ucap Iqbal.

Iqbal mengatakan penting juga memastikan tanggal produksinya dengan membaca kode yang tertera pada bodi aki. Menurutnya, sebaiknya masyarakat membeli aki yang tidak terlalu lama menjadi stok di toko atau gudang.

“Usia aki kan ada masanya, jika terlalu lama menjadi stok tentu akan memotong usia pakainya, sehingga masyarakat perlu jeli memperhatikan kode produksi saat membeli aki,” ucap Iqbal.

Iqbal mengatakan lama waktu aki baru menjadi stok idealnya tidak lebih dari 6 bulan. Maka dari itu, aki yang baru datang dari pabrik harus segera terjual demi menjaga kualitas.

Jadi, agar mendapatkan aki yang berkualitas masyarakat perlu memperhatikan toko, tanggal produksi dan keasliannya. Dengan demikian, usia aki diharapkan lebih awet karena mendapatkan kualitas yang terbaik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Beli Aki Mobil biar Awet", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/21/134100515/tips-beli-aki-mobil-biar-awet.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm